Fakultas Sastra Unisa Gelar Bimtek Proposal Hibah Penelitian Abdimas

  • Whatsapp
Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Palu menyelenggarakan bimbingan teknis penyusunan proposal hibah peneltian dan pengabdian masyarakat (abdimas) di Aula Fakultas Agama Universitas Alkhairaat Palu, Rabu (21/2/2024) sore.(sam/mediasulawesi.id)

PALU- Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat  Palu menyelenggarakan bimbingan teknis penyusunan proposal hibah peneltian dan pengabdian masyarakat (abdimas) di Aula Fakultas Agama Universitas Alkhairaat Palu, Rabu (21/2/2024) sore. Bimtek ini menghadirkan dua pemateri masing-masing Dr I Wayan Ruspendi Junaedi, M.A dan Dr Dermawan Waruwu, M.Si. Kedua pemateri merupakan Dosen dan Peneliti Senior di Universitas Dhyana Pura Bali. Peserta bimtek tidak hanya dosen Fakultas Sastra tapi juga dari Fakultas Ekonomi serta mahasiswa Universitas Alkhairaat.

Dekan Fakultas Sastra Syamsuddin, S.S, M.Si dalam sambutanya mengatakan kegiatan bimtek kali ini merupakan implementasi dari Memorandum of Agreement (MoA) dengan pihak Fakultas Bisnis, Pariwisata, Pendidikan dan Humaniora Universitas Dhyana Pura (Undhyra) Bali. Menurutnya, kegiatan ini sekaligus menjadi langkah awal yang baik dengan pihak Undhira dalam membantu mengembangkan kualitas SDM di Fakultas Sastra terutama dalam bidang penelitian dan pengabdian. ‘’Ini menjadi kegiatan penting dan menjadi modal besar dalam membantu peningkatan mutu fakultas maupun SDM. Terutama dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,’’tandasnya.

.

Lebih jelas Syamsuddin, setelah kegiatan bimtek ini, pihaknya juga merencanakan program kerjasama lanjutan tidak hanya penelitian dosen dan pengabdian kepada masyarakat secara kolaboratif. Termasuk pula  pengembangan keilmuan, bakat dan minat mahasiswa guna mendukung prestasi akademik dan non akademik. ‘’Kami juga berencana mengunjungi kampus Undhira untuk mendapatkan hal-hal positif yang bisa diterapkan di Fakultas Sastra Unisa Palu.

Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, M.A sebagai pemateri pertama memaparkan tentang perencanaan bisnis. Pakar kewirausahaan ini tidak hanya membagikan tips atau kiat tentang penulisan dan penyusunan proposal bertemakan kewirausahan. Diakui, dosen di Unisa khususnya yang berkecimpung di bidang manajemen dan kewirausahaan memiliki banyak peluang dalam menulis atau menyusun proposal tentang ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, khususnya menyangkut kewirausahaan.

Tidak hanya tentang penulisan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Wayan Ruspendi juga membagikan tips bagaimana merintis atau membangun sebuah usaha. Ia sempat menyebutkan sejumlah usaha yang digelutinya baik di bidang kuliner maupun perhotelan. ‘’Jadi, dalam membangun atau merintis sebuah usaha maka kuncinya kita harus sabar dan bermental kuat. Karena akan banyak ujian yang dihadapi saat merintis ataupun menggeluti sebuah usaha,’’terang Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Kemahasiswaan dan Pemasaran Universitas Dhyana Pura tersebut.

Sementara itu, pemateri kedua yakni Dr Dermawan Waruwu, M.Si memaparkan secara khusus materi berjudul Strategi Memperoleh Hibah Penelitian dan Pengabdian. Dosen dan Peneliti Senior di Universitas Dhyana Pura Bali ini memang dikenal memiliki banyak penelitian maupun pengabdian yang telah lolos dan mendapatkan hibah dari pemerintah pusat. Ia pun membeberkan bagaimana strategi bagi dosen dalam menulis dan mengajukan proposal baik penelitian maupun pengadian kepada masyarakat.

Pakar Kajian Budaya ini juga menyampaikan jika dosen Fakultas Sastra Unisa mempunyai peluang besar untuk lolos dalam pengajuan proposal penelitian maupun pengabdian. Terlebih di Sulawesi Tengah banyak obyek penelitian yang berkaitan dengan keilmuan humaniora, bahasa, sastra dan kearifan lokal. ‘’Yah, sebenarnya disini banyak obyek penelitian maupun pengabdian yang menarik untuk diteliti oleh para dosen Fakultas Sastra. Saya yakini bisa lolos. Tinggal bagaimana kemampuan dosen dalam menulis dan menyusun proposal tersebut dengan baik dan menarik. Terutama judul dan materinya,’’ujarnya sembari memberikan contoh judul dan materi proposal.

Dermawan pun mengaku siap membantu para dosen Fakultas Sastra dan membimbing dalam penulisan proposal tersebut. Apalagi, sudah ada kerjasama secara resmi antara Fakultas Sastra Unisa dengan Unindhira Bali.

Pemaparan kedua pemateri bimtek tersebut, menarik para peserta baik dosen maupun mahasiswa. Sehingga banyak mengajukan pertanyaan baik terkait penulisan dan penyusunan proposal penelitian maupun strategi merintis atau menjalankan usaha.(sam)

Pos terkait