Tahun 2024, BAN PDM Sulteng Akan Akreditasi 1.139 Satuan Pendidikan

  • Whatsapp
Ketua BAN PDM SUlawesi Tengah Dr H Gazali Lembah, M.Pd saat memberikan sambutan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) I BAN-PDM Sulawesi Tengah di Swissbell Hotel Palu, Minggu (28/4/2024) malam.(syamsuddin/mediasulawesi.id)

PALU-  Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM) Sulawesi Tengah akan melakukan akreditasi terhadap lebih 1.139 satuan pendidikan yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota. Untuk tahun 2024, akreditasi akan dilakukan pada 710 satuan PAUD dan PNF serta 429 sekolah dan madrasah.

Ketua BAN-PDM Sulawesi Tengah Dr H Gazali Lembah M.Pd akreditasi terhadap 1.139 satuan pendidikan ini merupakan bagian dari program kerja BAN PDM Sulteng yang telah merger dengan BAN PAUD dan PNF. Gazali menargetkan 1.139 satuan pendidikan tersebut bisa terakreditasi di tahun 2024. ‘’Jadi kita menargetkan tahun ini bisa mengakreditasi lebih seribu satuan pendidikan baik paud, pnf, sekolah maupun madrasah . ’’tandasnya saat memberikan sambutan sekaligus membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) I BAN-PDM Sulawesi Tengah di Swissbell Hotel Palu, Minggu (28/4/2024) malam.

Ditekankan, dari 1.139 satuan pendidikan yang akan diakreditasi tersebut terdiri dari Pendidikan Anak Usia Dini dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PAUD dan PKBM) sedangkan untuk 429 satuan pendidikan lainnya merupakan sekolah dan madrasah. Saat ini, Kabupaten Parigi Moutong tercatat memiliki jumlah satuan PAUD dan PNF terbanyak di Sulawesi Tengah yakni sebanyak 588 lembaga. Kemudian disusul Kabupaten Banggai sebanyak 425 lembaga dan Kabupaten Donggala sebanyak 351 lembaga.

Gazali Lembah yang didampingi Sekretaris BAN PDM Sulteng, Amrin Lamatolo, S.Sos juga menyampaikan jika akreditasi satuan pendidikan merupakan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan. Kebijakan akreditasi ini juga telah diatur  melalui permendikbudristek nomor tahun 2023 tentang akreditasi PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Ia pun berharap para pengelola satuan pendidikan di Sulawesi Tengah yang belum terakreditasi untuk bisa meningkatkan kualitas dan pengelolaan lembaga. Ia juga berharap dukungan dari semua pihak terkait dalam memotivasi para pengelola satuan pendidikan dengan melakukan akreditasi. ‘’Kita harapkan juga dukungan semua pihak dalam membantu dan memotivasi para pengelola satuan pendidikan untuk mengakreditasi lembaganya,’’harapnya.

Rakorda I BAN-PDM Sulawesi Tengah berlangsung sejak 28-30 April 2024 dengan diikuti lebih seratus peserta dari perwakilan dinas pendidikan dan kebudayaan se-Sulawesi Tengah, kantor wilayah kementerian agama se-Sulawesi Tengah, lembaga dunia usaha dan dunia industry, sejumlah perwakilan perguruan tinggi di Kota Palu dan mitra kerja lainnya.(sam)

Pos terkait