Ribuan Perempuan Berbusana Muslim Meriahkan Gerak Jalan Indah

  • Whatsapp
Sebanyak 2.530 orang perempuan yang tergabung dalam kelompok Majelis Ta'lim di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala, menjadi peserta gerak jalan indah yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Pusat Wanita Sholawat Indonesia (DPD Washotia) Kota Palu, Sabtu (3/9/2022) pagi.(ist)

PALU-Sebanyak 2.530 orang perempuan yang tergabung dalam kelompok Majelis Ta’lim di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala, menjadi peserta gerak jalan indah yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Pusat Wanita Sholawat Indonesia (DPD Washotia) Kota Palu.

Para peserta gerak jalan indah, dilepas secara resmi oleh Dewan Pembina Pusat (DPP) Washotia, Buya Muhammad J Wartabone, mewakili Ketua Umum DPP Washotia, Nilam Sari Lawira, bersama Pembina Dewan DPD Washotia Kota Palu, Vera Rompas, dan Ketua DPW Washotia Sulteng, Nuun Marfuah Basir Toana, serta Ketua DPD Washotia Kota Palu, Fadlun A Hamid, didampingi beberapa pengurus lainnya, Sabtu, (3/9).”Ini adalah sebuah identitas. Kita berharap bahwa  masyarakat Sulawesi Tengah akan menjadi masyarakat yang sesuai singkatannya, Washotia,” ujar Buya Muhammad J Wartabone disela-sela pelepasan peserta gerak jalan indah, di halaman Kantor Walikota Palu.

Pilihan Redaksi :  MEMBERI NILAI EKONOMIS LIMBAH PASAR DI KOTA PALU

Menurut Buya Wartabone, Washotia sebagai wadah berhimpun wanita Islam tidak hanya di Sulawesi Tengah, tetapi seluruh Indonesia, didirikan berdasarkan firman Allah SWT dalam Surah

Al-Baqarah ayat 143, yang berbunyi, sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

Ayat itulah yang merupakan dasar dari pendirian organisasi Wanita Sholawat Indonesia yang Kemudian disingkat Washotia, sehingga Buya berharap kegiatan yang diselenggarakan DPD Washotia Kota Palu itu, bukanlah sekedar euforia semata, tetapi harus dimaknai sebagai bagian dari perjuangan, karena dilaksanakan masih dalam rangka merayakan HUT RI ke-77 tahun.

Perlombaan gerak jalan indah tersebut, diselenggarakan juga dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah yang jatuh pada Sabtu, 30 Juli 2022.

Pilihan Redaksi :  MEMBERI NILAI EKONOMIS LIMBAH PASAR DI KOTA PALU

Pada kesempatan sama, Nuun Marfuah Basir Toana juga menyatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan pertama yang digelar Washotia, dengan melibatkan orang dalam jumlah banyak, dimana Washotia merupakan wadah berhimpun wanita Islam Indonesia untuk membumikan Sholawat.”Ini merupakan penampilan perdana Wanita Sholawat Indonesia yang berpusat di Palu. Harapannya, Insya Allah ke depan nanti Washotia akan menggelar lomba sholawat atau marawis untuk seluruh Sulteng,” tutur Nuun Marfuah.

Pelepasan lomba gerak jalan indah berlangsung pada Sabtu pagi sekitar Pukul 09.30 Wita, juga diramaikan dengan para penonton dan pendukung masing-masing regu yang berjumlah 22 orang.Perlombaan gerak jalan itu memperebutkan piala bergilir Ketua Umum DPP Washotia, yang notabene adalah Ketua DPRD Sulteng, Nilam Sari Lawira, dan piala tetap Gubernur Sulteng.

Pilihan Redaksi :  MEMBERI NILAI EKONOMIS LIMBAH PASAR DI KOTA PALU

Selain piala, ada uang tunai dengan total nilai sebesar Rp 20 Juta menjadi hadiah dalam perlombaan tersebut, ditambah dengan beberapa hadiah hiburan lainnya, yang disediakan panitia pelaksana untuk pemenang lomba berkostum busana muslim sopan dan rapi itu.

Menempuh rute perlintasan sejauh kurang lebih 5 Kilometer, 115 regu peserta lomba gerak jalan indah, bertemu dengan 5 pos juri yang akan melakukan penilaian. Sementara penerimaan hadiah bagi pemenang lomba, akan dilakukan sore harinya sekitar Pukul 16.30 Wita.(sam)

Pos terkait