Pantai Kaluku, Destinasi Wisata Favorit Kabupaten Donggala

  • Whatsapp
Pantai Kaluku, salah satu destinasi wisata favorit Kabupaten Donggala.(ist)

SALAH satu keunggulan yang dimiliki Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah adalah memiliki banyak obyek wisata laut yang potensial. Maklum saja, separuh wilayah kabupaten ini terdiri dari wilayah laut . Selain Pantai Tanjung Karang dan Pusat Laut, salah satu destinasi wisata yang juga favorit kini adalah Pantai Kaluku.

Pantai Kaluku terletak di Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala. Untuk sampai ke lokasi ini, ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat selama kurang lebih satu jam. Lokasinya berdekatan dengan obyek wisata Pusat Laut yang juga sering disebut Pusentasi.

Destinasi wisata ini tidak hanya ramai dikunjungi saat hari libur tapi juga saat akhir pekan. Hamparan pasir putih yang halus, air laut yang jernih serta panoramanya terutama pagi hari dan menjelang senja sangat memanjakan mata para pengunjungnya. Sangat pas bagi warga yang ingin mengisi akhir pekan bersama keluarga dan teman-temannya. Apalagi melepas rutinitas pekerjaan selama hampir sepekan.

Untuk memuaskan pengunjung, pengelola obyek wisata Pantai Kaluku pun menyiapkan sarana dan prasarana meski cukup sederhana. Yah, di dekat pantai disiapkan sejumlah gazebo sebagai tempat istirahat para pengunjung sembari menyantap aneka menu makanan dan minuman tradisional. Jika tidak puas menikmati suasana pantai seharian, pengunjung pun bisa bermalam sembari menikmati suasana malam di lokasi tersebut. Tak jarang banyak diantara kelompok anak muda dan pecinta alam yang melakukan kegiatan camping di lokasi tersebut.

Melky Sasmito, salah seorang pengunjung Pantai Kaluku mengaku datang ke lokasi tersebut sekaligus berkemah bersama teman-temannya dengan alasan kenyamanan dan keindahan tempat tersebut pada saat menjelang malam. “Saya dan teman-teman sudah beberapa kali datang ketempat ini. Karena memang tempatnya jauh dari hiruk pikuknya perkotaan jadi tidak berisik. Kalau sore menjelang malam itu bagus sekali Sunsetnya,’’ujarnya.

Ia sadar meskipun niatnya datang untuk bersenang-senang tetaplah harus waspada akan penyebaran virus corona. Untuk itu ia dan rekan-rekannya tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan  masker jaga jarak. ‘’Dan hal terpenting juga jangan buang sampah sembarang sebab hal tersebut dapat mengurangi keindahan pantai. Kalau kemah jangan lupa buang sampah pada tempatnya. Dan ini juga masih masa pandemi jadi harus selalu sedia masker jaga jarak aman juga,’’pesannya.(WINDY)

Pos terkait