Dishub Pasangkayu Siapkan Diklat Gratis Bagi Pelaut

  • Whatsapp
Kadishub Pasangkayu, Zulfikar K SP.(ist)

PASANGKAYU – Setelah sempat absen dua tahun belakangan ini, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Pasangkayu, kembali membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat Pasangkayu untuk mengikuti Diklat Keterampilan Pelaut tahun ini.

Dishub Pasangkayu sebagai instansi teknis yang akan mengusulkan peserta asal Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat, sudah menyebarkan informasi penerimaan peserta Diklat ini, melalui surat penyampaian ke masing-masing Kecamatan, tembusan kepada Bupati dan DPRD Pasangkayu.

Kadishub Pasangkayu, Zulfikar K SP yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/1/2022) banyak berharap agar kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat pasangkayu. Apa lagi, dalam pendaftarannya dilakukan secara gratis alias cuma-cuma.”Diklat bagi para pelaut ini adalah kegiatan rutin Kementerian Perhubungan dan sempat kosong dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19. Alhamdulillah, tahun ini pemerintah kembali mencari para pelaut untuk diikutkan dalam diklat kali ini,” ucapnya.

Disampaikan bahwa dasar permintaan Diklat  pelaut ini, merujuk pada isi Surat Kementerian Perhubungan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)  Perhubungan Politeknik Ilmu Pelayaran dalam rangka menyukseskan Program Pemerintah “Nawa Cita” butir ke lima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia melalui peningkatan kualitas Pendidikan dan Pelatihan sebagai upaya membuka kesempatan kerja di kapal.”Jadi, peserta yang ikut Diklat ini akan mengantongi sertifikasi. Dimana nantinya akan membantu pelaut untuk bisa bekerja di kapal,” terang Kadishub yang juga Ketua Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Pasangkayu.

Disampaikan bahwa ada sekitar 100 kuota peserta yang akan dicari dari Kabupaten Pasangkayu. Jika kuota ini, tidak mampu dipenuhi di daerah maka akan diisi dengan daerah lain.”Jadi saya berharap agar kesempatan ini, benar-benar dimanfaatkan dengan baik. Kami juga di Dishub membuka diri, bagi masyarakat yang mau berkonsultasi soal Diklat ini,” harapnya.

Ditambahkan, bahwa Diklat ini nantinya akan dilaksanakan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar. “Melalui kesempatan ini, kami minta kerjasamanya untuk menyediakan peserta yang memenuhi syarat untuk kita didik menjadi pelaut,” tandasnya. (egi)

Pos terkait