Outdoors Penyuluh KB Lariang Bahas Pembangunan Keluarga

  • Whatsapp
Kadis P2KBP3A Pasangkayu, Arhamuddin menyerahkan cendramata kepada kader penyuluh KB Kecamatan Lariang, saat kegiatan luar ruangan kemarin.(egi/mediasulawesi.id)

PASANGKAYU – Penyuluh Keluarga Berencana (KB) se Kecamatan Lariang menggelar pertemuan rutin secara outdoors (di luar ruangan) di Pantai Wisata Batu Oge Desa Pedanda, Kecamatan Pedongga, Rabu (10/11/2021) kemarin.

Kepala Dinas P2KBP3A Pasangkayu, Arhamuddin SE MAP, yang baru tiba dari kegiatan Latpim II di Samarinda Kaltim, langsung menyempatkan diri hadir memberi penguatan kepada para penyuluh dan kader KB di tempat itu.Selain Kadis, juga nampak Kepala Desa Kenangan Fredik Paparang, bersama Sekdes Desa Kulu Asdar, yang sama-sama memberikan support kegiatan para penyuluh.

Dalam sambutannya, Arhamuddin, menyampaikan pesan-pesan perjalanan selama mengikuti Latpim II yang berlangsung selama 10 hari. Di sana, kata Kadis, selain melihat Kota Samarinda dan Balikpapan yang begitu maju juga ada kegiatan lapangan lainnya.“Yang menarik selama di sana, Saya dan Pak Sekda diundang khusus oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur. Apa yang dibahas adalah bagaimana kesiapan pasangkayu menyambut perpindahan Ibu Kota Negara,” ucapnya.

Untuk itu, jelas Arhamuddin, karena selama ini di P2KBP3A Pasangkayu sudah sangat konsentrasi melakukan pembangunan keluarga, maka yang utama yang harus dilakukan adalah pembangunan keluarga.“Pembangunan keluarga itu, bukan hanya bicara soal alat kontrasepsi, tapi gizi keluarga dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Jadi hasil bumi harus dipersiapkan kalau kita ingin jadi penyangga ibu kota negara,” jelasnya.

Menurutnya, untuk menjadi garda terdepan keberadaan kader penyuluh tentunya sangat strategis untuk memberikan penguatan ke masyarakat dengan berkolaborasi lintas sektor.“Ini pesan, dan saya sudah sampaikan. Kembali lagi kepada kita untuk menangkap peluang ini, yang jelasnya Kabupaten Panajam Paser Utara akan menjadi Ibu Kota Negara, dan berharap ada kerjasama yang dibangun” imbuhnya.

Terakhir, Arhamuddin menghimbau kepada Penyuluh dan kader, agar pembinaan penguatan keluarga di Pokja kampung KB terus digalakkan dengan kemandirian dan tetap membangun kolaborasi antar penyuluh dan mewujudkan 8 fungsi keluarga yang ada di Dinas P2KBP2A Pasangkayu. (egi)

Pos terkait