Penyuluh KB Lariang Kunjungi Hidroponik Mandiri di Pajalele

  • Whatsapp
Penyuluh Keluarga Berencana (KB) di tujuh desa se Kecamatan Lariang mengunjungi tempat wadah hidroponik mandiri milik pak Kahar di Desa Pajalele Kecamatan Tikke Raya, Rabu (10/11/2021).(egi/mediasulawesi.id)

PASANGKAYU – Sejumlah Penyuluh Keluarga Berencana (KB) di tujuh desa se Kecamatan Lariang mengunjungi tempat wadah hidroponik mandiri milik pak Kahar di Desa Pajalele Kecamatan Tikke Raya, Rabu (10/11/2021).

Kunjungan tersebut, dipimpin oleh Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Lariang, Fitriah Azis, bersama salah satu anggota komunitas Go Green Pasangkayu Mirfan. Kepala Desa Kenangan Fredik Paparang didampingi istri juga nampak disana.

Penyuluh KB Kecamatan Lariang, Fitriah Azis, mengatakan tujuan kunjungan ini dengan membawa 25 orang kader KB, ibu PKK dan beberapa tokoh masyarakat untuk melihat tata cara penanaman hidroponik dengan benar.“Pak Kahar ini, adalah salah satu pelaku hidroponik secara mandiri. Makanya kita datang kesini untuk mengajak masyarakat menanam dengan memanfaatkan pekarangan dengan pola mandiri tidak harus bergantung pada bantuan,” ucapnya.

Dikatakan bahwa kegiatan kali ini, juga bagian dari operasional penyuluh KB dalam hal pemanfaatan pekarangan rumah dan pemanfaatan limbah sabut kelapa, yang termasuk dalam delapan fungsi keluarga.“Kegiatan ini, kita masuk dalam fungsi lingkungan dan ekonomi,” jelasnya.

Sementara pelaku hidroponik yang bergabung di komunitas Go Green Pasangkayu, Mirfan mengatakan bahwa kegiatan kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan tentunya akan memberikan banyak dampak positif . Salah satunya akan mengurangi beban ekonomi keluarga untuk pemenuhan konsumsi sayuran, kemudian akan memastikan masyarakat mengkonsumsi sayuran yang berkualitas.

Penyuluh KB adalah perpanjangan tangan dari BKKBN yang melekat pada Dinas P2KBP3A Pasangkayu. Mereka yang hadir dalam kegiatan kunjungan ini, terdiri dari penyuluh KB Desa Kulu, Parabu, Bajawali, Kenangan, Singgani, Batu Matoru, dan Bambakoro. (egi)

Pos terkait