Jelang Pemilu 2024, Polda Sulteng Petakan Potensi Ancaman Gangguan Kantibmas

  • Whatsapp
Rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pengamanan jelang pemilu tahun 2024.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, Kepolisian Daerah (Polda) Sulteng memperketat pengamanan. Pengamanan dimaksud untuk memastikan terselenggaranya pemilu yang aman, damai, jujur, adil, dan berintegritas.

Kapolda Sulteng, Irjen Pol Agus Nugroho mengatakan seluruh stakeholder terkait seyogyanya dapat menyamakan persepsi untuk rencana tindakan yang akan dilaksanakan dalam rangka persiapan penyelenggaraan pemilu 2024 nanti. “Baik dalam melakukan pemetaan potensi ancaman kerawanan, analisa resiko terjadinya gangguan, serta pencegahannya,” tuturnya saat menggelar rapat koordinasi lintas sektoral di Palu, Kamis (21/9/2023).

Orang nomor satu di Polda Sulteng ini menekankan jajaran Polri, TNI, dan mitra keamanan lainnya dapat bersama-sama mempedomani hal itu demi menciptakan situasi pemilu yang aman. Menurutnya, itu dapat dilakukan melalui deteksi dini dan pemetaan kerawanan pada setiap tahapan pemilu untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang terjadi di tengah masyarakat.

Pilihan Redaksi :  Indeks Keterbukaan Informasi Sulteng Terbaik Keempat Nasional

Ia juga mengharapkan kejadian permasalahan dalam penyelenggaraan pemilu seperti halnya tahun sebelumnya tidak kembali terjadi. Untuk diketahui, pemilu sebelumnya terjadi banyak permasalahan mulai dari dugaan ketidaknetralan penyelenggaraan pemilu, kekurangan dan tertukarnya surat suara, keterlambatan logistik ke lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), pemilih yang tidak terdaftar, titik lokasi TPS yang jaraknya berjauhan, adanya petugas penyelenggara pemilu dan personel pengamanan yang meninggal dunia, hingga praktik kampanye gelap dan politik uang.(SCW)

Pos terkait