Pemkab Donggala Bagikan Ikan 1,1 Ton Gratis ke Warga Pinembani

  • Whatsapp
Bupati Donggala Kasman Lassa memberikan bantuan ikan segar gratis kepada warga Kecamatan Pinembani, Kabupaten Donggala.(ist)

DONGGALA– Pemerintah Kabupaten Donggala memberikan bantuan ikan segar dan olahan ikan kering sebanyak 1,1 Ton di beberapa desa terpencil. Bantuan ikan sebagai wujud kepedulian pemerintah dan mendukung ketahanan pangan dan upaya peningkatan konsumsi ikan di wilayah terpencil. Bantuan ini sekaligus membantu warga yang terdampak wabah virus corona.

Bupati Donggala, Kasman Lassa mengatakan ada sembilan desa terpencil dan tertinggal  di Kecamatan Pinembani yang menerima bantuan ikan segar. Yakni Desa Bambakaenu, Bambakanini, Dangaraa, Gimpubia, Kanagalongga, Karavia, Palintuma, Tavanggeli dan Tomodo. “Kegiatan bantuan ikan segar dan ikan kering ini pertama kali dilaksanakan di dearah kecamatan atau desa terpencil dan terisolir. Tujuannya untuk peningkatan konsumsi ikan. Untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat tentunya haruslah dimulai dari peningkatan konsumsi ikan di keluarga,”Kasman, Jumat (16/7/2021)

Konsumsi ikan di masyarakat Kabupaten Donggala  tahun 2020 target konsumsi ikan sebesar 42,28 kilogram per tahun dengan realisasi 44,7 kilogram per kapita per  pertahun. Selanjutnya target konsumsi ikan tahun 2021 sebesar 44,52 kilogram per tahun. Hal ini  masih lebih rendah dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan Provinsi 2019 sebesar  54,49, kilogram per tahun. Konsumsi ikan nasional dari KKP 2020 sebesar 56,39   kilogram per tahun.

Sementara target konsumsi ikan provinsi tahun 2021, sebesar 62,9 kilogram per kapita per tahun dan konsumsi ikan di tahun 2022 sebesar 64,18 kilogram per kapita per tahun. Sedangkan di tahun 2026, ditargetkan konsumsi ikan mencapai 72,10 kilogram per kapita.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Donggala,  Ali Assagaf  S.Pi menambahkan,  masyarakat yang berdomisili Kecamatan Pinembani yang berada di pegunungan dan terisolir sangat sulit mendapatkan ikan sebagai konsumsi utama sehari-hari.  Masyarakatnya lebih banyak mengonsumsi daging dan makanan bersantan. “Masyarakat Pinembani perlu diberikan program gerakan makan ikan untuk mengubah pola makan yang sehat dan berimbang. Selain program olahan perikanan, program pembukaan lahan perkolaman ikan air tawar sebagai sumber produksi ikan air tawar untuk memberikan pendapatan dari sektor perikanan budidaya air tawar juga sangat perlu,”ungkap Ali.

Kegiatan bagi-bagi ikan gratis tersebut juga bersamaan dengan pelantikan Camat Pinembani, Sore, S.Pd,M.Pd.(SAM)

Pos terkait