Gandeng YGBK, PLN Berikan Program Pelatihan Petani Bawang

  • Whatsapp
Bersama Yayasan Galang Bersama Kami (YGBK), PT. PLN (Persero) UPT Palu memberdayakan petani bawang melalui program pelatihan dan pengembangan UMKM Bawang di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.(ist)

SIGI – Bersama Yayasan Galang Bersama Kami (YGBK), PT. PLN (Persero) UPT Palu memberdayakan petani bawang melalui program pelatihan dan pengembangan UMKM Bawang di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Program tersebut sebagai komitmen perusahaan dan organisasi nirlaba dalam meningkatkan kesejahteraan petani lokal.

Pemberdayaan itu dilakukan kepada 2 (dua) kelompok tani bawang yang ada di Desa Oloboju, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Diantaranya kelompok tani “Dua Putri Trans” dan kelompok tani “Putra Tani”. Keduanya akan menerima pelatihan yang membantu dalam meningkatkan kualitas bawang dan pengembangan produk olahan yang bernilai tinggi.

Pemimpin kelompok tani Putra Tani, Dodi, mengaku adanya pelatihan tersebut sangat membantu kelompoknya dalam wawasan teknik bertani yang lebih efisien. “Program ini memberi kami wawasan baru tentang teknik bertani yang lebih efisien, serta membuka peluang untuk mengembangkan usaha olahan bawang,” ujarnya di Sigi Senin (14/8/2023) siang.

Tak hanya program pelatihan, PLN juga menyiapkan bantuan berupa alat tani mulai dari teknologi sistem pipanisasi dan peralatan pendukung lainnya. Selain itu ada pula bantuan rumah produksi bawang goreng yang disiapkan untuk memfasilitasi pengolahan bawang mentah menjadi satu produk bernilai tambah.

Diketahui, bantuan dari PLN tersebut merupakan program lanjutan dari Corporate Social Responsibility (CSR) ring 1 PLN di area sekitaran Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).  “Bantuan ini merupakan lanjutan dari program pertama dalam bantuan CSR ring 1 PLN yang berlokasi di area sekitaran SUTT, kami berharap ini akan memberikan dampak positif jangka panjang bagi pemberdayaan petani bawang di wilayah ring 1,” sebut Andi Samanglangi dari PT. PLN (Persero) UPT Palu.

Sementara itu, Ketua Yayasan Galang Bersama Kami (YGBK), Muhammad Ilham Alisa, mengaku bangga atas kerjasama yang dibangun bersama PLN tersebut. “Melalui sinergi dengan PLN kami percaya bahwa program ini akan membawa manfaat yang berkelanjutan bagi petani bawang dan perekonomian lokal,” ujarnya.(SCW)

Pos terkait