Mahasiswa KKN UIN Palu Luncurkan Rumah Baca Moderasi

  • Whatsapp
Mahasiswa Universitas Islam Negeri Datokarama Palu yang tergabung dalam KKN Nusantara Moderasi Beragama menghadirkan rumah baca moderasi di Lembang Madandan, Kecamatan Rantetayo, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (10/8/2023) siang.(ist)

TATOR – Mahasiswa Universitas Islam Negeri Datokarama Palu yang tergabung dalam KKN Nusantara Moderasi Beragama menghadirkan rumah baca moderasi di Lembang Madandan, Kecamatan Rantetayo, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (10/8/2023) siang. Pengadaan rumah baca moderasi tersebut sengaja dilaunching Mahasiswa KKN posko 20 sebagai salah satu bentuk program kerjanya.

Hadirnya rumah baca tersebut diharapkan dapat memupuk semangat moderasi beragama kepada masyarakat setempat melalui semangat literasi. Tak hanya itu, Koordinator desa, Azwan, mengatakan hal itu dapat menjaga nilai-nilai toleransi antar umat beragama yang sejak dari dulu telah di terapkan di Lembang madandan. Terlebih, mengingat lokasi rumah baca tersebut sangat strategis dimana berada di antara dua rumah peribadatan yaitu di samping Mesjid dan di depan Gereja. “Memang ini (rumah baca moderasi, red) sengaja kami adakan dari ide dan gagasan kami mahasiswa KKN Nusantara Moderasi Beragama. Tujuannya memupuk dan menjaga semangat toleransi melalui literasi,” akunya kepada media ini Kamis (10/8/2023) siang.

Pilihan Redaksi :  LKP Aqvir Latih 20 Peserta Didik Keterampilan Tata Busana

Inisiasi para mahasiswa KKN Nusantara moderasi beragama tersebut pun disambut baik oleh masyarakat dan seluruh stakeholder jajaran Pemerintahan setempat. Bahkan para pejabat kampus Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) se-Indonesia, mulai dari perwakilan kampus-kampus PTK Se-Indonesia, Camat, kepala lembang, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat yang ikut hadir dalam launching rumah baca tersebut.

Salah satu perwakilan kampus PTK dari kampus IAIN Parepare yaitu Ketua LPPM, Dr. Ali Rusdi, S.Th.I., M.HI., mengaku bangga akan hadirnya rumah baca moderasi inisiasi mahasiswa KKN asal UIN Palu tersebut. Menurutnya, upaya itu merupakan langkah jitu memupuk semangat membaca sekaligus menanamkan nilai-nilai toleransi. “Ini bagus ya, kami sangat mendukung dan mengapresiasi, semoga ini bisa menjadi projek percontohan bagi desa-desa lainnya,” ujarnya.

Pilihan Redaksi :  PBSI Dukung Atlet PWI Sulteng Berlaga di Porwanas

Sementara Perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tana Toraja, mengharapkan, kiranya rumah baca ini diteruskan oleh Lembang dan mampu dikembangkan lebih besar lagi kedepannya,” tandasnya.

Diketahui, pada Posko 20 ini sedianya mahasiswa KKN Nusantara Moderasi Beragama telah melakukan beberapa program kerja lainnya. Diantaranya Perayaan 1 Muharram, seminar sikoedukasi, dan kaligrafi.(SCW)

Pos terkait