Puluhan Musisi dan Penyanyi Palu Ikuti Asik Bang

  • Whatsapp
Puluhan pemusik band maupun penyanyi vokal mengikuti gelar Asik Bang (Aksi Musik Anak Bangsa) di Kota Palu, Sulawesi Tengah.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Puluhan musisi maupun penyanyi mengikuti gelar Asik Bang (Aksi Musik Anak Bangsa) di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Pesertanya dari kalangan pemuda, pelajar, mahasiswa, bahkan hingga dosen turut mengikuti gelar musik tersebut dengan penuh antusias menampilkan bakat terbaiknya.

Gelar Aksi Bang tersebut sengaja digelar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Sulawesi Tengah, sebagai programnya untuk membangun spirit kebangsaan kepada pemuda-pemudi Indonesia demi memperkuat rasa cinta kepada tanah air.

Bahkan, lagu ataupun musik yang dipentaskan dalam ajang tersebut mengusung tema kebangsaan. Selain berbekal keahlian dalam bakatnya, para peserta harus mampu menjiwai karakter kebangsaan yang kuat dalam dirinya.

Pilihan Redaksi :  PBSI Dukung Atlet PWI Sulteng Berlaga di Porwanas

Ketua FKPT Sulawesi Tengah, Nur Sangaji, mengatakan, hal itu penting dilakukan terutama bagi para pemuda penerus bangsa. “Sehingga mereka menjadi penangkal yang paling utama berhadapan dengan isu-isu yang merusak persatuan dan kesatuan yang bersifat radikal, dan berbagai macam problem seperti terorisme, korupsi,  narkoba, dan lain sebagainya. Pokoknya yang mengancam eksistensi bangsa ini,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Palu diwakili Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, menyambut baik inisiasi gelar musik tersebut. Menurutnya, Kota Palu memerlukan peran para pemuda sebagai entitas mayoritas dalam masa bonus demografi saat ini. “Kita semua berkeyakinan bahwa para pemuda akan mampu mentransfer semangat toleransi dan anti radikalisme dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan bangsa,” ujarnya saat membuka kegiatan tersebut di salah satu Coffe Kota Palu, Jumat (21/7/2023) sore.

Pilihan Redaksi :  LKP Aqvir Latih 20 Peserta Didik Keterampilan Tata Busana

Salah satu wujud semangat pencegahan terorisme, sebutnya, dapat dilakukan dengan memunculkan kesadaran dikalangan pemuda. “Bahwa kemajuan bangsa dalam mencapai kesejahteraan dan keadilan sosial menuju kota Palu yang bermartabat dengan tetap mempertahankan idiom lokal ‘Masintuvu Kita Maroso, Morambanga Kita Marisi’,” pungkasnya.

Pemenangnya nanti akan diberikan hadiah uang tunai senilai Rp2 sampai dengan Rp3 juta. Dan juga akan diberangkatkan di Jakarta untuk mengikuti Asik Bang tersebut pada tingkat nasional berhadapan dengan para pemenang dari masing-masing wilayah se-Indonesia.(SCW)

Pos terkait