Nangka Bening Jadi Pusat Kawasan Pengrajin Batu Akik

  • Whatsapp
Jalan Nangka, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu resmi ditetapkan sebagai Kawasan Pusat Batu Akik.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Terhitung 18 Maret 2023 (hari ini,red), Jalan Nangka, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu resmi ditetapkan sebagai Kawasan Pusat Batu Akik. . Sebanyak 18 stand pelaku UMKM yang juga merupakan pengrajin batu akik yang menempati kawasan tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palu Setyo Susanto yang ditemui wartawan mengatakan,  pengadaan pasar UMKM batu akik tersebut sebagai wujud membantu percepatan akselerasi keuangan daerah serta penanganan inflasi di Kota Palu. “Percepatan akselerasi keuangan daerah kaitannya dengan inflasi juga, Disperindag ada pasar murah, kita ada pasar UMKM, yang fokusnya ke arah pelaku usaha,” bebernya kepada MediaSulawesi.id, Sabtu (18/3/2023) siang.

Selain menjadi pusat kawasan batu akik, kawasan tersebut bakal juga dijadikan sebagai pusat pasar UMKM satu kali per bulan berjalan yang akan digelar setiap hari Sabtu. “Nanti rencananya inilah yang dijadikan kawasan per bulan satu kali di hari Sabtu dibuat begini (pasar murah, red),” tambahnya.

Menurutnya, selama ini Palu Barat belum memiliki pusat wisata, sehingga kawasan tersebut bisa menjadi lokasi tempat wisata untuk menghimpun para pelaku UMKM. “Harapannya di tempat ini seperti pusat wisata kerajinan, atau yang lain-lainnya ya disinilah,” tutupnya.

Sementara itu, Wali Kota Palu H. Hadianto Rasyid, SE berharap agar kawasan tersebut dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan sebaik-baiknya, kata dia, kawasan tersebut bakal menjadi kawasan tematik khusus batu akik. “Berharap kawasan ini benar-benar menjadi kawasan yang tematiknya batu akik,” ujarnya saat memberikan sambutan saat peresmian kawasan Batu Akik Nangka Bening, Sabtu (18/3/2023) pagi.(SCW).

Pos terkait