Target Wistara, Forkom Kota Sehat Palu Gelar Rapat Penguatan Tim

  • Whatsapp
Wali Kota Palu diwakili Plt Kadinkes Kota Palu Ilham, S.Kep, M.Kes memimpin rapat Penguatan Tim Forum Kota Sehat Kota Palu. Rapat dilaksanakan di ruang Bantaya kantor Walikota Palu pada Rabu (16/11/2022) pagi.(ist)

PALU-Wali Kota Palu diwakili Pelaksana Tugas Kadinkes Kota Palu Ilham, S.Kep, M.Kes memimpin rapat Penguatan Tim Forum Kota Sehat Kota Palu. Rapat dilaksanakan di ruang Bantaya kantor Walikota Palu pada Rabu 16-11-2022 pukul 08.30 Wita.Hadir pula Kepala Bappeda Kota Palu Drs Arfan, M.Si, pejabat TNI dan Polri serta Pengurus Forum Komunikasi Kota Sehat Kota Palu. Hadir pula para camat dan lurah se-Kota Palu.

Pelaksana Tugas Kadinkes dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kegiatan pertemuan  forum kota sehat. Kota sehat adalah salah satu program pembangunan berwawasan kesehatan yang menitikberatkan pada integritas lintas sektoral dan bertumpu pada pemberdayaan masyarakat.

Penyelenggaraan kota sehat, kata dia, dilakukan melalui berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat secara bertahap dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan dengan dukungan pemerintah daerah. Keberhasilan penyelenggaraan kota sehat terletak pada dukungan pemerintah, swasta dan masyarakat, serta kolaborasi komitmen penuh lintas sektor untuk memenuhi setiap indikator pada tatanan di sektor masing-masing.

Pilihan Redaksi :  PBSI Dukung Atlet PWI Sulteng Berlaga di Porwanas

Pada prinsipnya program kota sehat bukan hanya milik sektor kesehatan saja namun merupakan milik semua instansi yang ada di daerah, yang nantinya dapat mendekatkan program program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah kepada masyarakat.

Ditambahkan, pemberdayaan masyarakat dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam keluarga maupun di lingkungan masing-masing dengan adanya . Keluarga berkembang dan berkwalitas maka kuantitas penduduk dengan sendirinya dapat dikendalikan.

Sementara itu, Sekretaris Forum Komunikasi Kota Sehat Kota Palu Fery Novrianto memaparkan program kerjanya dalam membantu pemerintah Kota Palu mewujudkan impian merebut status Wistara, penghargaan tertinggi untuk Kota Sehat. Untuk meraih target itu maka Forkom Kota Sehat, lanjut Ferry, dalam waktu dekat menuntaskan 23 kelurahan di Kota Palu untuk melakukan deklarasi kota sehat. Setelah itu baru melanjutkan program kerjanya melalui sembilan tatanan yang menjadi penilaian.(sam)

Pos terkait