Walikota Dukung Pengembangan Kawasan Perkebunan di Lasoani

  • Whatsapp
Walikota Palu melakukan panen jagung perdana bersama sejumlah pejabat terkait di Kelurahan Lasoani, Kecamatan Mantikulore, 23 Agustus 2022.(humaspemkotpalu)

PALU-Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid bersama sejumlah pejabat terkait melakukan panen jagung perdana di Kelurahan Lasoani, Kecamatan Mantikulore, Selasa, (23/8/2022). Kegiatan bertajuk Gerakan Panen Perbenihan Jagung Hibrida F1 NASA 29 tersebut merupakan kerjasama BPTP Balitbangtan Sulawesi Tengah, Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros, dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu.

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dalam sambutannya mengatakan bahwa kawasan tersebut memiliki potensi yang sangat baik untuk pertanian dan perkebunan. Menurutnya, hal itu termanfaatkan baik oleh masyarakat setempat yang tergabung dalam Kelompok Tani Mutiara yang ada di Kelurahan Lasoani. “Tadi sudah saya sampaikan kepada Ibu Kepala Dinas agar disusun diperencanaan untuk perbaikan jalan. Apakah ini bisa masuk diperencanaan tahun 2023. Karena ini merupakan jalan ekonomi yang harus mendapat support dari Pemerintah,” katanya.

Pilihan Redaksi :  Posalia Kampung Lere Resmi Digelar

Menurutnya perbaikan jalan dilakukan agar masyarakat yang mengelola lahan di lokasi tersebut semakin bersemangat sekaligus memudahkan transportasi. Wali Kota berharap support yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palu dalam mengidentifikasi potensi lahan pertanian bisa ditingkatkan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu.

Demikian halnya kerjasama yang dilakukan dengan Perusahaan Daerah Kota Palu dalam mengelola potensi ini dapat dilakukan dengan cepat. “Alhamdulillah kita sudah menandatangani MoU dengan Balikpapan terkait dengan pengiriman ekspor komoditas kita kesana. Tinggal PKS-nya yang diharapkan bahwa Perusahaan Daerah kita bisa menjadi offtacker (penyerang, red) bagi petani maupun nelayan kita,” ungkapnya.

Ia mengatakan nantinya Perusahaan Daerah Kota Palu menjadi pendamping dalam memberikan modal dan sebagai pembeli hasil dari seluruh petani. Hal tersebut dilakukan agar ketika panen seperti ini Perusahaan Daerah dapat dengan cepat membeli hasil panen para petani dengan nilai yang sesuai harga pasar.

Pilihan Redaksi :  Warga Besusu Gelar Pesta Rakyat Posalia Pandapa

Ia berharap nantinya dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat petani. “Saya harap dipenghujung tahun 2022 urusan ini sudah selesai. Jadi Perusahaan Daerah sudah bisa menyiapkan dirinya sehingga nanti 2023, InsyaAllah sudah bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Wali Kota menyatakan Kota Palu juga merupakan salah satu kota penyangga yang berada di dekat kawasan Ibu Kota Negara (IKN).Maka Pemerintah Kota Palu harus bisa melihat semua potensi yang dimiliki termasuk lahan baik luas maupun yang terbatas. (sam)

Pos terkait