FKMP Minta Pemkab Sigi Segera Realisasikan Huntap

  • Whatsapp
Sekretaris Forum Keadilan Masyarakat Pombewe (FKPM) Kurniatun (ist)

SIGI- Forum Keadilan Masyarakat Pombewe (FKMP) meminta Pemerintah Kabupaten Sigi untuk segera merealisasikan hunian tetap kepada para penyintas. Pasalnya hingga saat ini, masih banyak korban bencana gempa bumi dan likuifaksi yang belum mendapatkan tempat hunian tetap, terutama di wilayah Desa Pombewe, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi. Belum lagi hak-hak penyintas lainya yang belum direalisasikan oleh pemerintah.

Sekretaris Forum Keadilan Masyarakat Pombewe (FKPM) Kurniatun kepada media ini menyampaikan jika nasib penyintas di Kabupaten Sigi hingga kini belum tertangani dengan maksimal. Masih banyak diantaranya yang belum mendapatkan haknya terutama tempat hunian tetap (huntap). Padahal pemerintah daerah selama ini sudah sering menjanjikan namun belum juga terealisasi. ‘’Makanya kami harapkan pemerintah kabupaten Sigi untuk segera merealisasikan huntap. Kasihan warga yang selama ini belum mendapatkan tempat tinggal yang layak. Sejak gempa September 2018 lalu, masih banyak warga yang tinggal di hunian sementara,’’tandasnya.

Selain persoalan huntap, lanjut Kurniatun, masalah lain yang belum terselesaikan adalah dana stimulan kepada penyintas. Kondisi ini tentu memprihatinkan, apalagi kondisi perekonomian saat ini yang semakin menyulitkan warga khususnya yang kurang mampu. ‘’Yah, memang tidak hanya soal huntap tapi juga soal dana stimulant yang harusnya juga terselesaikan. Ini yang harusnya segera diselesaikan oleh pemerintah daerah. Kasihan masyarakat apalagi di tengah kondisi seperti ini,’’tegasnya lagi.

Kurniatun yang juga aktif dalam Komunitas Swabina Pedesaan (KSP) Sangurara Pombewe ini tengah menjalankan program kerja yaaang bertujuan mengadvokasi masyarakat khususnya bantuan huntap dan dana stimulant. (sam)

Pos terkait