KM Sabuk Nusantara 89 Resmi Beroperasi di Sulteng

  • Whatsapp
Kapal Motor Sabuk Nusantara 89 yang resmi beroperasi di Perairan Teluk Palu dan Selat Makassar terhitung sejak 27 Agustus 2022.(win)

PALU-Di tengah kesulitan warga bepergian dengan menggunakan pesawat terbang karena harga tiket mahal,pemerintah melalui kementerian perhubungan memberikan solusi melalui transportasi laut. Yah, sebuah kapal yang dikelola PT Subsea Lintas Globalindo ini  diopersikan dengan harga tiket yang cukup murah.

Adalah Kapal Sabuk Nusantara 89 yang resmi beroperasi di Perairan Teluk Palu dan Selat Makassar terhitung sejak 27 agustus 2022. Kapal berpenumpang hingga lima ratus orang ini melayani rute Palu, Tolitoli, Samarinda, Bontang, Balikpapan, Kalimantan Timur dan sejumlah pelabuhan rakyat di Sulawesi Tengah. Peresmian kapal tersebut dipimpin Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah Sisliandy, S.Tp. Hadir pula Bupati Donggala Kasman Lassa, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Palu Mursidi serta Kapolres Palu, Kombes Barliansyah.

Pilihan Redaksi :  MEMBERI NILAI EKONOMIS LIMBAH PASAR DI KOTA PALU

Setelah dinyatakan resmi beroperasi,kapal perintis yang berlabuh di Pelabuhan Pantoloan ini  langsung dipadati ratusan calon penumpang. Mereka mengaku senang karena bisa naik kapal laut dengan harga tiket yang sangat murah. Hanya dua puluh ribu rupiah per orang. Bandingkan dengan kapal laut biasa milik PT Pelni yang mencapai dua ratus ribu rupiah per orang. Apalagi untuk pelayaran perdana, pihak otoritas pelayaran memberikan tiket gratis kepada anak-anak.

Rahman misalnya,penumpang asal Tolitoli ini mengaku sangat senang bisa naik kapal Sabuk Nusantara. Dengan harha tiket yang sangat terjangkau. Ia bersama keluarganya bisa mudik dan bahkan memanfaatkan kesempatan tersebut berwisata ke Samarinda Kalimantan Timur. ‘’Kami sangat senang karena bisa dapat berlayar dengan harga tiket yang sangat terjangkau. Ini kesempatan bagi kami untuk sekaligus berwisata dengan kapal baru ini,’’ungkapnya.

Pilihan Redaksi :  MEMBERI NILAI EKONOMIS LIMBAH PASAR DI KOTA PALU

Hal senada disampaikan Abdul Muhad, mahasiswa asal Samarinda, Kalimantan Timur yang mengaku baru saja mengikuti pendakian sejumlah pegunungan di Sulawesi Tengah. Ia bersyukur karena bisa pulang bersama rekan-rekannya ke Samarinda dengan mendapatkan tiket kapal yang sangat murah.

Sementara itu Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI Hendrik Ginting mengatakan pengoperasian Kapal Sabuk Nusantara ini sebagai upaya untuk melayani masyarakat khususnya Sulawesi Tengah hingga ke perairan pelosok Kehadiran kapal tersebut juga diharapkan bisa membantu dan membangkitkan ekonomi masyarakat. ‘’Kita harapkan dengan kehadiran Sabuk Nusantara bisa membantu perekonomian masyarakat,’’tandasnya didampingi Kepala KSOP Palu Mursidi.

Untuk memanjakan penumpangnya, Sabuk Nusantara 89 dilengkapi berbagai fasilitas seperti kamar tidur yang full AC, kelas 1, 2 dan ekonomi serta (win)

Pos terkait