Legislator NasDem Jaring Aspirasi Pekerja Seni

  • Whatsapp
Anggota DPRD Sulteng dari Fraksi NasDem, Yahdi Basma, lakukan penjaringan aspirasi (Reses) pada Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Musik Republik Indonesia (PAPPRI), Sabtu (2/7/2022) malam.(ist)

PALU- Anggota DPRD Sulteng dari Fraksi NasDem, Yahdi Basma, lakukan penjaringan aspirasi (Reses) pada Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Musik Republik Indonesia (PAPPRI), Sabtu (2/7/2022) malam.Dalam giat yang berlangsung di The Band Saw Fishing & Resto ini, Ketua PAPPRI, Umariadi Tangkilisan, menyampaikan sejumlah poin penting hasil Musyawarah PAPPRI, Juni berselang. 

Pertama adalah dilaksanakan pertemuan rutin bersama stakeholder pelaku industri musik di sulteng; Kedua perlu memetakan ekosistem industri musik melalui riset atau metode lainnya; Ketiga perlu menginventarisasi semua permasalahan guna mendorong regulasi (perda/pergub dll).

Umariadi  menambahkan,  pertemuan ini tidak hanya menjadi aksi unjuk diri. Lebih dari itu, mempertegas peran pekerja seni untuk menumbuhkan bidang-bidang kreatif di Sulawesi Tengah.”Mari kita saling membantu. Terkhusus anggota DPRD, membantu regulasi ataupun rekomendasi untuk musikal di Sulawesi tengah tetap hidup”  ungkapnya.

Pilihan Redaksi :  KPU Palu Tetapkan 274.293 DPT Pilkada 2024  

Reses yang berlangsung selama 3 jam ini, membicarakan tentang kebutuhan para seniman, khususnya yang bergerak di bidang musik, mulai dari sarana/prasarana yang belum mencukupi di kota Palu, sampai Hak Kekayaan Intelektual para seniman.

Menanggapi hal ini, Yahdi Basma mengakui, memang benar negara belum hadir dalam hal implementatif.“Secara administratif bisa saja iya, sehingga kreativasi atau pelaku seni kita tidak simetris bagi dirinya maupun kelompoknya” tanggap Anggota Komisi 2 DPRD Sulteng itu.

Karenanya, Yahdi meneguhkan komitmennya membawa hasil Musyawarah PAPPRI untuk dibahas bersama dengan anggota DPRD Provinsi yang lain.

Selain itu, Anggota Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Sulteng ini, berharap PAPPRI dapat menjadi tempat bernaung bagi Industri-Industri Musik di Sulawesi Tengah, Khususnya Kota Palu.

Pilihan Redaksi :  KPU Palu Tetapkan 274.293 DPT Pilkada 2024  

“kita berharap PAPPRI menjadi titik awal yang baik bagi cita-cita PAPPRI yang mulia ini yang sedang mempersiapkan legacy yang luhur bagi kepentingan daerah kita sendiri,” tutup Yahdi, sembari menegaskan, bahwa dirinya akan produksi ulang sekitar 500 karya Hasan Bahasyuan.

Dalam pertemuan ini, turut hadir perwakilan dari beberapa lembaga dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Diantaranya Kemenkumham, Max Wambrauw; Dinas Pariwisata Sulteng, Max Baginda; Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng, Dr. Rahmat Ansyari, M.Pd.(sam)

Pos terkait