Pengurus APPBIPA Sulteng Resmi Dikukuhkan

  • Whatsapp
Pengukuhan pengurus APPBIPA Cabang Sulawesi Tengah masa bhakti 2022-2026 ini berlangsung di Santika Hotel Palu dan dilakukan oleh Wakil Ketua APPBIPA Indonesia, Agus Suhardjono, S.S, M.M, Selasa (24/5/2022) pagi.(sam/mediasulawesi.id)

PALU- Pengurus Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (APPBIPA) Cabang Sulawesi Tengah resmi dikukuhkan, Selasa (24/5/2022). Pengukuhan pengurus ini menggenapkan 23 Cabang APPBIPA di Indonesia, termasuk 5 cabang diantaranya di luar negeri.

Pengukuhan pengurus APPBIPA Cabang Sulawesi Tengah masa bhakti 2022-2026 ini berlangsung di Santika Hotel Palu dan dilakukan oleh Wakil Ketua APPBIPA Indonesia, Agus Suhardjono, S.S, M.M. Pengurus inti yang dikukuhkan adalah Ketua Asriati, S.Pd, M.Pd (Universitas Tadulako Palu), Wakil Ketua Dr.Abdul Gafur Marzuki, M.Pd (UIN Palu), Sekretaris Syamsuddin, S.S, M.Si (Universitas Alkhairaat Palu) dan Bendahara Fikriani Aminun Omolu, M.Hum, M.Pd (Universitas Muhammadiyah Palu) Turut hadir Siti Rahmah, S.S, M.Pd mewakili pimpinan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah dan sejumlah tamu undangan.

Pilihan Redaksi :  KPU Palu Tetapkan 274.293 DPT Pilkada 2024  

Wakil Ketua APPBIPA Indonesia, Agus Suhardjono dalam sambutannya mengatakan dengan dikukuhkannya pengurus APPBIPA Cabang Sulawesi Tengah maka diharapkan menjadi wadah untuk meningkatkan jejaring dengan semua pemangku kepentingan serta bersinergi dalam upaya meningkatkan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa Internasional. ‘’APPBIPA ini juga penting untuk pengajar dan  membantu penutur asing yang berada di Sulawesi Tengah baik yang berstatus sebagai mahasiwa maupun pekerja atau karyawan perusahaan. Kita harapkan APPBIPA juga bisa bergandengan tangan atau bekerjasama dengan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah,’’tandasnya.

Agus juga menekankan jika APPBIPA dan Balai Bahasa memiliki peran penting dalam memberikan dukungan terhadap pekerja asing dan mahasiswa asing yang bekerja dan belajar di Sulawesi Tengah. Mereka dapat menjalankan aktivitasnya dengan baik dan nyaman tentunya dengan penguasaan bahasa yang baik pula. ‘’pengajar BIPA punya peran penting dalam membantu mahasiswa maupun pekerja tersebut,’’tambahnya.

Pilihan Redaksi :  KPU Palu Tetapkan 274.293 DPT Pilkada 2024  

Sementara itu Ketua APPBIPA Cabang Sulawesi Tengah Asrianti, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya mengatakan pihaknya akan membangun APPBIPA agar bisa berkembang dan maju. Tentunya dengan menjalin kerjasama baik dengan Balai Bahasa maupun pihak terkait khususnya dalam pembelajaran bahasa bagi ekspatriat maupun mahasiswa asing di Sulawesi Tengah. Apalagi di Sulawesi Tengah terdapat ribuan tenaga kerja asing yang bekerja di berbagai perusahaan serta mahasiswa asing yang menimba ilmu di berbagai perguruan tinggi.’’Kami akan bergandengan tangan dengan Balai Bahasa dan pihak terkait untuk menjalankan program APPBIPA Sulawesi Tengah,’’harapnya.(sam)

Pos terkait