Alumni Sastra Unisa Luncurkan Buku Releansi Dalam Dunia Broken Home

  • Whatsapp
Penyerahan buku Releansi Dalam Keluarga Broken Home oleh Penulis Hj Irmawati Musa kepada Dekan Fakultas Sastra, Syamsuddin, S.S, M.Si, Sabtu (29/1/2022) siang.(windy/mediasulawesi.id)

PALU– Alumni Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, Hj Irmawati Musa, A.Md,S.S meluncurkan sebuah buku berjudul ‘’Releansi Dalam Dunia Broken Home’’ di Rumah Peduli SKP-HAM, Jalan Basuki Rahmat Palu, Sabtu (29/1/2022) siang. Peluncuran buku tersebut juga dirangkaikan dengan bedah buku setebal 147 halaman serta pendeklarasian Komunitas Sahabat Cerita (KSB).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain seniman kawakan Kota Palu, Hj. Masamah Mufti, S.S, M.Pd, Dekan Fakultas Sastra Unisa, Syamsuddin, S.S, M.Si, Wakil Dekan II Fakultas Sastra, Suparni S.Pd, M.Pd dan ketua Program Studi Sastra Indonesia, Rizky Anugrah Putra,sejumlah mahasiswa fakultas sastra Unisa serta puluhan penggiat literasi.

Dekan Fakultas Sastra Syamsuddin, S,S, M.Si dalam sambutannya sangat mengapresiasi peluncuran buku karya Hj. Irmawati Musa tersebut. Apalagi Irmawati merupakan alumni Fakultas Sastra Unisa yang tentunya secara khusus bisa memberi semangat dan inspirasi bagi yuniornya. Selain menjadi karya monumental dan tentunya sarat pesan di dalamnya, buku tersebut juga menjadi bahan literasi yang bermanfaat terutama yang mengalami masalah broken home.

Pilihan Redaksi :  Rifki dan Wahono Resmi Nakhodai PFI Palu Periode 2024-2027

Secara khusus, Syamsuddin berpesan agar Irmawati terus menulis dan melahirkan karya-karya terbaik. Secara khusus, ia menyampaikan rasa bangganya terhadap mantan mahasiswanya tersebut yang telah melahirkan banyak buku baik berisi cerpen, puisi maupun kisah-kisah nyata yang dituangkan dalam buku. ‘’Ini tentunya menjadi kebanggaan bagi kami. Ibu Irma ini tidak hanya memiliki prestasi di bidang akademik tapi juga dalam dunia literasi, khususnya penulisan buku. Semoga terus melahirkan karya-karya yang bermanfaat bagi kita semua,’’tandasnya.

Sedangkan seniman senior Kota Palu, Hj Masamah Mufti dalam sambutannya juga mengapreasiasi  Irmawati Musa yang kembali melahirkan buku dengan cerita yang berbeda. Menurut Masamah, produktivitas yang dimiliki Irmawati patut dicontoh apalagi diusianya yang sudah memasuki kepala lima dan saat ini tengah menjalani studi di program pasca sarjana Universitas Tadulako. ‘’Ini sesuatu yang luar biasa. Bisa terus berkarya di tengah kesibukan sebagai mahasiswa pasca sarjana dan berdakwah. Kita patut apresiasi. Semoga bisa menginspirasi adik-adik mahasiswa khususnya fakultas sastra,’’ujar mantan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Sastra Unisa tersebut.

Pilihan Redaksi :  Rifki dan Wahono Resmi Nakhodai PFI Palu Periode 2024-2027

Sementara itu,Hj Irmawati Musa dalam sesi bedah buku yang dipandu moderator Rini Lestasi menceritakan jika buku yang ditulisnya diangkat dari kisah nyata dirinya. Pengalaman pribadi itulah yang menjadi inspirasinya untuk ditulis dan dituangkan dalam sebuah buku. Ia mengaku sudah berdamai dengan masa lalunya dan banyak mengambil hikmah di balik masalah tersebut.

Tidak hanya peluncuran dan bedah buku, dalam kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pendeklarasian Komunitas Sahabat Cerita (KSB). Menarik karena komunitas ini terdiri dari belasan anak muda yang mengalami broken home. Lewat komunitas tersebut diharapkan bisa menjadi wadah bersilaturami sekaligus berbagi pengalaman dan bisa diberikan solusi.(sam)

Pos terkait