Pantau Pasangan Usia Subur, Penyuluh KB di Baras Buat Peta PUS

  • Whatsapp
Sejumlah kader Peran Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD di wilayah tugas Kecamatan Baras, melaksanakan kegiatan pembuatan peta Pasangan Usia Subur (PUS).(ist)

PASANGKAYU – Sejumlah  kader Peran Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD di wilayah tugas Kecamatan Baras, melaksanakan kegiatan pembuatan peta Pasangan Usia Subur (PUS) di kantor Balai Penyuluhan KB Kecamatan Baras, Rabu-Kamis (4-5/8/2021).

Menurut Koordinator Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Kecamatan Baras, Sandy tujuan pembuatan peta ini, adalah untuk mengetahui sekaligus memetahkan rumah tangga Pasangan Usia Subur (PUS) dan untuk mengetahui alat kontrasepsi apa digunakan.

Diikatakan dengan melihat peta yang ada tentunya akan memudahkan penyuluh dan kader untuk melihat apakah ada PUS dalam satu rumah tangga yang ada di wilayah Kecamatan Baras satu nrumah tangga atau lebih.“Peta PUS ini juga sekaligus kita melihat apakah dia berKB atau tidak termasuk termasuk. Kalau dia berKB kita juga akan tahu jenis alat kontrasepsi apa yang dia pakai,” katanya.

Sementara Kadis P2KBP3 Pasangkayu, Arhamuddin, menyampaikan bahwa keberadaan kader PPKBD/Sub PPKBD sangat memegang peranan penting di kecamatan maupun desa. Kader PPKBD/Sub PPKBD merupakan kepanjangan tangan pemerintah dalam pelaksanaan program pengendalian penduduk, keluarga berencana maupun mewujudkan ketahanan keluarga. “Untuk itu saya sering sampaikan agar para kader memahami betul bidang tugasnya di lapangan,” imbuhnya. (egi)

Pos terkait