Masih Ada 160 Ruas Jalan di Palu Belum Miliki Nama

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah Kota Palu, H. Asri, SH (tengah) memimpin langsung jalannya rapat tentang pengusulan nama-nama jalan di Kota Palu pada Selasa, 02 November 2021 (ist)

PALU- Sekretaris Daerah Kota Palu, H. Asri, SH memimpin langsung jalannya rapat tentang pengusulan nama-nama jalan di Kota Palu pada Selasa, (2/11/2021) 2021 di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu. Dalam rapat itu terungkap kalau masih ada 160 ruas jalan di Kota Palu yang belum memiliki nama.Turut hadir dalam kesempatan ini yakni Asisten II bidang Administrasi Perekonomian Setda Kota Palu, dr. Husaema, MM, Kepala Dinas Tata Ruang dan Pertanahan Kota Palu, Muhammad Rizal, ST.,M.Si, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Muhammad Rizal mengatakan pengusulan nama jalan ini dikarenakan adanya ruas-ruas jalan yang belum ditetapkan penamaannya seperti di lokasi Hunian Tetap (Huntap) dan lainnya.

Menurutnya, penamaan jalan ini sangat penting karena menyangkut masalah administrasi keperdataan masyarakat, misalnya kepengurusan KTP, Kartu Keluarga, PBB, dan lainnya.”Setiap ruas jalan baru yang dibangun, itu harus ditetapkan nama jalannya. Agar masyarakat bisa memakai nama itu untuk identitasnya baik di KTP maupun dokumen kependudukan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya hal lain yang mendesak sekaitan dengan penamaan jalan yaitu pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh pihak KPU. Hal ini dikarenakan banyak penduduk Kota Palu sekarang berubah tempat tinggalnya.”Semisal warga kita yang kini tinggal di Huntap. Huntap inikan banyak, tetapi di sanakan belum ada penamaan jalan. Makanya itu juga harus cepat diselesaikan,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa usulan perbaikan nama-nama jalan juga ada, semisal nama jalan yang dianggap tidak ada nilai muatannya, sehingga akan diganti dengan nama yang bermuatan lokal.”Data sementara ada sekitar 160 ruas jalan baru yang harus diberikan nama. Setelah nama jalan dimusyawarahkan dengan masyarakat, nanti akan diperdakan mengenai nama-nama jalan itu,” katanya.

Ia berkomitmen penamaan jalan ini ditargetkan akan selesai pertengahan tahun depan. “Lebih cepat lebih baik,” imbuhnya.(sam)

Pos terkait