TP PKK Palu Ikuti Simulasi Pemadaman Api

  • Whatsapp
Ketua TP PKK Kota Palu Diah Puspita ikut simulasi pemadaman api.(ist)

PALU-Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Palu, Diah Puspita, A.Md menghadiri pelatihan kapasitas Pengurus Pokja IV TP-PKK, Kelompok PKK, dan Kader PKK pada Rabu, (3/11/2021) di Bapelkes Provinsi Sulawesi Tengah.Pelatihan tersebut dalam rangka kegiatan gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana di Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021.

Diah Puspita menghimbau kepada seluruh Kader Pokja PKK Kota Palu agar senantiasa mewaspadai dan berhati-hati dalam melakukan aktivitas di dapur.

Ia mengatakan simulasi  pemadaman api dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu, saat terjadi peristiwa kebakaran sangat membantu para ibu-ibu dalam mempercepat penanggulangan kebakaran.”Saya memberi harapan agar disetiap rumah dan bangunan gedung lainnya dapat dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran sesuai standar yang ditetapkan. Misalnya alat pemadam api ringan (APAR), fire blanket, karung atau kain yang berbahan tebal seperti selimut atau handuk”, ujarnya.

Pilihan Redaksi :  HUT TNI ke-78, Korem 132/Tadulako Gelar Bazar dan Baksos

Ke depan, katanya kami dari TP PKK Kota Palu akan terus mendorong dan memprogramkan kegiatan semacam ini untuk terus dilakukan bahkan lebih ditingkatkan lagi. Hal ini sebagai upaya mewujudkan rumah tangga yang tangguh terhadap kebakaran, non kebakaran dan bencana lainnya.

Senada dengan Ketua TP PKK Kota Palu. Ketua Bidang IV TP PKK Pusat, Ibu Nana Syafrizal juga berharap agar TP PKK Kota Palu bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya di Sulawesi Tengah untuk melaksanakan kegiatan yang sama. Tujuannya dapat memperkuat dan meningkatkan posisi rumah tangga dalam menghadapi setiap peristiwa kebakaran, non kebakaran dan bencana lainnya yang setiap saat dapat terjadi.

Pilihan Redaksi :  HUT TNI ke-78, Korem 132/Tadulako Gelar Bazar dan Baksos

Sementara Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tengah, DR. Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Banyak hal yang sebelumnya tidak diketahui akhirnya dapat diketahui bahkan sangat penting untuk dipelajari sebagai pengetahuan dalam membentuk kesiapsiagaan setiap rumah tangga dalam menghadapi peristiwa kebakaran, non kebakaran dan bencana lainnya.”Kami akan memprogramkan kegiatan semacam ini untuk dilaksanakan di wilayah Sulawesi Tengah, sebagai upaya membangun sistem ketangguhan bagi kader PKK dan masyarakat”, ujar Vera Rompas , isteri Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura  yang juga sebagai Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Sulawesi Tengah ini.

Diakhir materi, baik Ketua TP PKK Kota Palu dan Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tengah melakukan simulasi pemadaman api menggunakan karung basah dan apar. Keduanya sama-sama mahir dan berani.(sam)

Pos terkait