Prihatin, Satwa Endemik Sulawesi Turun Gunung

  • Whatsapp
Puluhan kera di kawasan kebun kopi, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah turun ke jalan raya.(sam/mediasulawesi.id)

DONGGALA- Puluhan kera di kawasan kebun kopi, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah turun ke jalan raya. Satwa yang nama latinnya macaca tongkeana dan sebenarnya masuk kategori endemik ini menunggu pemberian makanan oleh pengendara yang melintas di jalur Trans Sulawesi yang menghubungkan Sulawesi Tengah dengan Provinsi Gorontalo tersebut.

Pemandangan setiap hari di kawasan kebun kopi, Kabupaten Donggala dimana puluhan kera turun ke jalan raya untuk mendapatkan makanan dari warga dan pengendara yang melintas. Perilaku yang tak biasa bagi satwa endemik ini tak lepas dari ulah masyarakat yang membiasakan memberi makanan kepada satwa tersebut.

Sebagian diantara kera tersebut bahkan terlihat menggendong anaknya yang masih kecil. Tanpa rasa takut,kera-kera ini turun dari bukit dan mendekati warga yang membawa makanan baik pisang maupun kue. Kondisi ini tentunya tidak hanya membahayakan warga dari serangan satwa itu tapi juga sebaliknya bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Pilihan Redaksi :  HUT TNI ke-78, Korem 132/Tadulako Gelar Bazar dan Baksos

Rangga, salah satu warga dari Kota Palu yang kebetulan melintas di lokasi tersebut, Senin (11/10/2021) sore menyayangkan kebiasaan warga yang memberikan makanan kepada satwa langka tersebut sehingga terjadi perubahan perilaku pada kera-kera tersebut.’’Yah, kita sayangkan dengan kebiasaan warga memberikan makanan sehingga merubah perilaku kera yang merupakan satwa langka ini. Kita harapkan pihak terkait segera turun menyikapi kondisi ini,’’pintanya.

Puluhan kera turun ke jalan raya di kawasan kebun kopi ini sudah menjadi pemandangan setiap hari bagi warga yang melintas sejak beberapa bulan terakhir.Meski begitu,pihak terkait belum mengambil tindakan terhadap satwa langka tersebut.(sam)

Pos terkait