Wawali : Hari Kartini Momentum Tingkatkan Peran Perempuan

  • Whatsapp
Wakil Walikota Palu, dr Reny Lamadjido (ist)

PALU-Wakil Walikota Palu, dr. Reny A. Lamadjido secara simbolis membuka Pameran Foto memperingati Hari Kartini pada Rabu (21/4/2021).Kegiatan yang dilaksanakan oleh Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Sulawesi Tengah di Ruang Dua Lapan (RDL) tersebut mengangkat tema “Kartini Hari Ini.”

Dalam arahannya, Wawali Reny mengatakan 142 tahun lalu, tepatnya 21 April 1879, lahirlah seorang gadis mungil yang akhirnya menjadi pahlawan nasional.”Siapa sangka, gadis mungil bernama RA Kartini menjadi lentera dengan karya fenomenalnya ‘Habis Gelap Terbitlah Terang,” ungkapnya.

Menurut Wawali, peringatan Hari Kartini tentunya lebih tepat bila dilakukan bukan hanya secara seremonial saja, namun selayaknya direfleksikan dalam kegiatan aktual.Sekaligus menjadi momentum bagi kaum perempuan dalam meningkatkan perannya dalam pembangunan di berbagai bidang.

Kegiatan aktual yang dimaksud yaitu yang selaras dengan cita-cita perjuangan RA Kartini untuk mencerdaskan bangsa, sejahtera, dan berguna bagi sesama.”Mudah-mudahan setiap hari dan setiap masa, perempuan Indonesia tetap berjuang dengan tetap bercitra sebagai bagian dari bangsa yang harum namanya,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Wawali sangat mengapresiasi Pameran Foto kali ini, karena merupakan salah satu cara mengingat perjuangan Kartini yang lebih mantap dan keren.”Pameran ini menjadi pengingat sejarah perjuangan RA Kartini dan menjadi penggugah untuk terus berjuang mempertahankan indeks pembangunan gender di kota Palu,” imbuhnya.(sam)

Pos terkait