Hadianto Targetkan Serapan Anggaran Pemkot Capai 75 Persen

  • Whatsapp
Walikota Palu, H Hadianto Rasyid.(ist)

PALU-Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menghadiri Rapat Evaluasi Pengawasan dan Realisasi Anggaran (Rapim Tepra) bersama para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Rapat digelar di ruang rapat Bantaya, Jl Balai Kota, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (23/9/2021) siang.

Hadianto Rasyid mengatakan, rasa syukurnya atas capaian di semester I kemarin. Dimana Pemerintah Kota Palu mendapatkan apresiasi dari Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian atas pencapaian realisasi belanja daerah dengan presentasi 46,38% yang melampaui angka persentase realisasi belanja kabupaten dan kota secara nasional.

Menurutnya, apresiasi dan pencapaian yang diperoleh tersebut harus menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota Palu untuk menjaga konsistensi dalam penggunaan anggaran di periode kedepannya. “Saya sudah sampaikan sebelumnya, Rapat Tepra ini kita akan laksanakan pada bulan kedua setiap triwulan. Agar setiap triwulan yang kita lewati, target-targetnya tercapai dengan baik,” ujarnya.

Hadianto Rasyid menargetkan agar di triwulan III ini serapan anggaran Pemerintah Kota Palu harus mencapai 75 persen. Sehingga, Ia mengingatkan para pimpinan OPD agar mengidentifikasi dengan baik setiap hambatan dan kendala yang dihadapi. “Saya tau, kendala dan hambatan ini sudah biasa terjadi. Kalau sudah terbiasa harusnya tidak lagi menjadi kendala. Saya mau lihat itu di progres triwulan terakhir,” ungkapnya.

Hadianto Rasyid mencontohkan salah satu kendala yang sering terjadi yakni keterlambatan pembayaran honor. Padahal Ia menginginkan hal tersebut bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. “Identifikasi baik masalah itu, lalu kita lakukan penguatan untuk menyelesaikannya. Semua harus teridentifikasi dengan baik,” tegasnya. (NDY)

Pos terkait