Warga Labuan dan Tanantovea Minta Pembuatan Gapura Tapal Batas

  • Whatsapp
Acara temu konstituen anggota DPRD Kabupaten Donggala, Jinurain Lamakatutu, yang berlangsung di Desa Labuan Lelea, Sabtu (26/10/2024).

DONGGALA-Warga Kecamatan Labuan dan Tanantovea, Kabupaten Donggala, meminta agar pemerintah segera membangun gapura tapal batas wilayah, khususnya di Kecamatan Labuan, Tanantovea dan sekitarnya. Menurut warga, pembangunan tapal batas ini tidak semata dimaksudkan untuk fungsi keindahan tapi yang terpenting adalah sebagai penanda pintu gerbang memasuki suatu wilayah, sehingga letak wilayah itu mudah untuk diketahui atau diidentifikasi. Selain itu, fungsi gapura juga sebagai penegasan batas suatu wilayah.

Permintaan itu disampaikan oleh warga saat acara temu konstituen anggota DPRD Kabupaten Donggala, Jinurain Lamakatutu, yang berlangsung di Desa Labuan Lelea, Sabtu (26/10/2024).

Dihubungi usai acara, Jinurain mengatakan permintaan pembuatan gapura tapal batas menjadi agenda kerja dirinya untuk ditindaklanjuti saat rapat kerja dengan mitra di lingkungan Pemerintah Kabupaten Donggala. Menurutnya, pembuatan gapura memang penting karena berfungsi sebagai penanda yang dapat memudahkan masyarakat luar untuk mengenali letak wilayah suatu desa. Selain itu, gapura juga bisa meminimalisir  timbulnya konflik teritori dan sengketa agraria. “Ya saya rasa itu penting. Kan banyak orang itu hafal nama desa, tapi tidak tau dimana letaknya. Nah, dengan adanya gapura  atau pintu gerbang maka akan mudah diketahui letak desa itu. Termasuk juga untuk menghindari timbulnya konflik di masyarakat terkait teritori dan sengketa tanah,” ucapnya.

Selain gapura, pada acara yang bertajuk Reses Anggota DPRD Kabupaten Donggala periode 2024 – 2029, Jinurain Lamakatutu, S.Pd., MAP Masa Sidang 3 (tiga) Tahun Sidang 2024 itu, warga juga meminta kepada Jinurain agar infrastruktur berupa peningkatan jalan produksi, penataan lingkungan, peningkatan ekonomi melalui pendidikan dan kesehatan serta pembinaan remaja dibidang seni dan budaya, menjadi program prioritas dirinya.

Atas permintaan itu, Jinurain, yang merupakan kader PDIP dari dapil 2 (Tanantovea, Labuan, Sindue dan Tombusabora) Kabupaten Donggala, mencatat seluruh usulan dan permintaan dari warga. Ia berjanji akan menindaklanjuti isi pertemuannya dengan warga dan berupaya merealisasikan usulan tersebut sesuai prosedur dan kemampuan keuangan Pemkab Donggala.(fadly)

Pos terkait