Bilyard Sumbang Emas Pertama Sulteng di Porwanas Banjarmasin

  • Whatsapp
Atlet bilyarSulteng, Harly Renggah (tengah) foto bersama Ketua PWI Sulteng, Tri Putra Toana dan tim Sulteng usai meraih medali emas di Porwanas Banjarmasin, Rabu (21/8/2024) malam.(ist)

BANJARMASIN – Kabar gembira datang dari arena Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Cabang olahraga bilyard berhasil menyumbangkan medali emas bagi kontingen Sulawesi Tengah. Medali emas direbut atlet Harly Renggah yang berlaga di Nomor Bola 9.

Dalam pertandingan final yang berlangsung di Master Pool Banjarmasin, Rabu (21/8/2024) malam  , Harly Renggah sukses menumbangkan atlet billiard nomor satu Jawa Tengah, Hemsansyah Bakrie dengan skor telak 5-2.Keberhasilan Harly Renggah tersebut mengakhiri puasa medali emas bagi Sulteng di ajang Porwanas selama 39 tahun.

Terakhir Sulteng meraih medali emas  pada Porwanas ke II di Makassar tahun 1985 silam.Saat itu, Sulteng berhasil meraih dua medali emas. Emas pertama diraih Tri Putra Toana di cabang olahraga tenis meja dan emas kedua diraih Is Baculu di cabang olahraga billiard.

Pilihan Redaksi :  Anggota Yonif 711/Raksatama Rebut Perak Eksebisi Trail PON XXI  

Raihan medali emas ini dicapai dengan perjuangan pantang menyerah. Di babak 16 besar, Harly Renggah sukses menumbangkan peraih medali emas di Nomor Bola 8 Porwanas Malang, Hari Susanto.

Kemudian di babak semifinal, Harly Renggah menghadapi Endang Kurnia, juara bertahan Porwanas Malang 2022 asal Kepulauan Riau. Di Malang, Endang Kurnia menyabet medali emas di Nomor Bola 9.

Sukses menundukkan dua peraih medali emas, Harly Renggah bertemu dengan atlet billiard Jawa Tengah yang sukses mengalahkan atlet Kalimantan Selatan.

Pada babak final, Harly bermain lebih tenang. Hasilnya, putra pertama mantan Penjabat Bupati Morowali Utara, Almarhum Haris Renggah ini memenangkan pertandingan dengan mudah.

Keceriaan nampak jelas di wajah Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulteng, Tri Putra Toana beserta kontingen Sulteng yang menyaksikan langsung  Harly Renggah berhasil memasukkan bola 9. Seketika supporter berteriak kegirangan   karena Sulteng berhasil meraih emas pertama.

Pilihan Redaksi :  Anggota Yonif 711/Raksatama Rebut Perak Eksebisi Trail PON XXI  

Ketua PWI Sulteng, Tri Putra Toana mengaku bangga dan bahagia dengan torehan medali emas ini.“Sejarah 39 tahun lalu terulang. Waktu itu, Is Baculu, wartawan Antara meraih emas cabor billiar. Saya bangga sekali,” ujar Tri Putra dengan mata berkaca-kaca.

Bahkan, kata Tri Putra, raihan medali emas Sulteng di Porwanas Banjarmasin tahun 2024 ini bisa lebih banyak ketimbang raihan Sulteng di Porwanas Makassar tahun 1985 silam.“Kita masih ada tiga nomor lagi di cabor billiard yang bisa menghasilkan emas. Ada juga cabor lain,” tegasnya optimis.

Raihan medali emas pertama Sulteng ini menjadi pelecut semangat atlet Sulteng lainnya di event wartawan terbesar di Indonesia.Menurut jadwal, Agus Manggona akan berlaga di cabang domino, Kamis (22/8/2024). (sam)

Pos terkait