PT Daya Guna Lestari Bersama BPDPKS dan DITJENBUN Latih 60 Petani Sawit Morowali

  • Whatsapp
Puluhan petani sawit di Sulawesi Tengah diberikan Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit,di gelar di Palu, 20-24 Mei 2024.(ist)

PALU- Puluhan petani sawit di Sulawesi Tengah diberikan Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengembangan sumber daya manusia perkebunan kelapa sawit, pelatihan tersebut di laksanakan oleh PT Daya Guna Lestari dan di dukung penuh oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit serta Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian.Acara ini di gelar di palu, sulawesi tengah pada tanggal 20-24 Mei 2024 para peserta berasal dari Kabupaten Morowali  berjumlah 60 peserta yang terbagi ke dalam 2 angkatan.

Divisi Penyaluran Dana BPDPKS Lucki Bagus mengatakan BPDPKS memiliki program pengembangan SDM PKS berupa program beasiswa serta program Pelatihan bagi Petani Kelapa Sawit di harapkan melalui pelatihan ini para petani dapat memaksimalkan tata kelola dan produktivitas di kebunya masing-masing. Saat ini sedang di rencanakan program penyuluhan dan pendampingan bagi petani kelapa sawit” katanya

Pilihan Redaksi :  PT PLS Siap Investasi Usaha Pembibitan Udang Vaname di Donggala

Kepala Dinas Kabupaten Morowali Bapak Andi Irman, S,STP, M.M Menyampaikan bahwa para petani sangat semangat untuk mengikuti pelatihan SDM PKS dan berharap dapat melalukan diskusi bersama para Narasumber terkait kendala-kendala Teknis Budidaya yang di hadapi dilapangan “kami juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPDPKS yang telah mendanai pelatihan ini bagi petani kelapa sawit Kabupaten Morowali

Kepala Bidang Produksi dan Perlindungan Tanaman Perkebunan, Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tengah, Dr, Ir. Simpra Tajang mengatakan bahwa bantuan pendanaan yang di berikan oleh BPDPKS dalam program pelatihan, Peremajaan Sawit Rakyat, Sarana dan Prasarana memiliki dampak yang sangat baik bagi para petani kelapa sawit dia juga menambahkan bahwa dengan sulitnya memperoleh pupuk bagi para petani maka, di perlukan sistem integrasi sawit sapi sehingga bisa menjadi solusi pupuk organik untuk tanaman kelapa sawit. Selain itu melalui DBH sawit juga akan di siapkan BPJS bagi para petani kelapa sawit.

Pilihan Redaksi :  PT PLS Siap Investasi Usaha Pembibitan Udang Vaname di Donggala

Direktur PT Daya Guna Lestari Bapak M Gema Aliza Putra menyampaikan bahwa melalui kolaborasi bersama BPDPKS dan DITJENBUN, PT Daya Guna Lestari menyelenggarakan pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit, melalui program ini para perani mendapatkan manfaat yang baik.(sam)

Pos terkait