Sekwan: Media Harus Profesional dan Cerdaskan Masyarakat

  • Whatsapp
Sekretaris DPRD Kota Palu Muliati saat melakukan pertemuan dengan awak media di Ruang Sidang Gabungan Kantor DPRD Kota Palu, Kamis (16/5/2024) pagi.(fad/mediasulawesi.id)

PALU-Sekretaris DPRD Kota Palu, Muliati SH  meminta kepada seluruh media yang menjalin kemitraan dengan DPRD agar dalam menjalankan aktivitas peliputan hendaknya bertindak profesional agar pemberitaan yang dihasilkan bisa sejalan dengan tujuan mencerdaskan masyarakat. Permintaan itu disampaikan Muliati saat melakukan pertemuan dengan awak media di Ruang Sidang Gabungan Kantor DPRD Kota Palu, Kamis (16/5/2024). “Apapun yang disampaikan oleh media, benar atau salah, pasti dipercaya oleh masyarakat. Oleh karena itu, bila saya menjadi narasumber berita saya membiasakan diri untuk memeriksa kembali terkait berita yang hendak disampaikan oleh wartawan, tentu agar tujuan pemberitaan itu bisa sejalan dengan keinginan mencerdaskan masyarakat,” ujarnya. Hal itu dilakukan Muliati agar pemberitaan yang disampaikan benar-benar sesuai fakta dan tidak menimbulkan bias informasi di masyarakat.

Dikatakan Muliati, peran media massa amat krusial dalam menyampaikan informasi secara luas kepada masyarakat. Baginya media massa bisa menjadi mitra penting bagi lembaga-lembaga pemerintahan dalam menjalankan tugas-tugasnya. “Saya tidak pernah alergi dengan wartawan. Justru sebaliknya wartawan harus didekati sehingga komunikasi bisa terbangun secara baik,” katanya. Sebagai pejabat yang baru dilantik menjadi Sekwan, Muliati menyebut salahsatu fungsi Kesekretariatan Dewan adalah melayani dan membantu kelancaran tugas-tugas yang diemban oleh anggota Dewan, termasuk diantaranya mempublikasikan kegiatan anggota Dewan melalui liputan pemberitaan. Kemitraan yang dijalin oleh DPRD Kota Palu dengan Media Massa dalam rangka menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait kerja-kerja anggota Dewan, tentu dengan mengedepankan pemberitaan yang adil dan berimbang.

Dalam pertemuan bertajuk silaturahmi yang dihelat dalam rangka perkenalan dirinya itu, Muliati berharap baik saat ini dan dimasa mendatang  komunikasi antara DPRD Kota Palu dan Media senantiasa terjalin dengan baik, saling menguntungkan dan membawa imbas positif bagi khalayak luas. Dikesempatan itu ia juga memberi pesan kepada awak media dan staf kesekretariatan dewan pentingnya untuk tidak mengabaikan aspek-aspek administrasi guna antisipasi bilamana dikemudian hari timbul persoalan-persoalan hukum. Sebelum bertugas sebagai Sekretaris DPRD Kota Palu pada tanggal 3 Mei 2024 lalu, dirinya adalah Inspektur di Inspektorat Pemerintah Kota Palu. Muliati menggantikan posisi Ridwan Karim yang dilantik sebagai Kadis Kominfo Kota Palu.(fad)

Pos terkait