Tanam Ratusan Pohon Warnai Persami Korem 132/Tadulako

  • Whatsapp

PALU – Komando Resor Militer (Korem) 132/Tadulako menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) bersama Saka Wirakartika di Lapangan Tembak Paniki Kodim 1306/KP Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari (3-4/2/2024).

Perkemahan yang dilaksanakan serentak secara nasional tersebut juga diwarnai dengan aksi penanaman total 300 bibit pohon trembesi dan mahoni. Bibit-bibit pohon tersebut ditanam di enam titik di daerah Kabupaten Sigi. Aksi itu dilakukan guna memberikan pelajaran kepada para anggota pramuka tentang melestarikan lingkungan.

“Saya rasa bukan di Sigi saja, semua daerah (rawan bencana, red). Apalagi musim kita pancaroba yang tidak bisa diprediksi, makanya kita mengantisipasi agar hutan-hutan yang gundul kita sisipkan (penanaman pohon, red),” kata Komandan Resor Militer (Danrem) 132/Tadulako, Brigjen TNI Dody Triwinarto, dihadapan awak media usai membuka kegiatan Persami, Sabtu (3/2/2024) pagi.

Pilihan Redaksi :  Sekwan: Media Harus Profesional dan Cerdaskan Masyarakat

Lanjutnya, jenderal bintang satu tersebut juga berharap di tengah krisis iklim global saat ini, Sulawesi Tengah dapat meminimalisir potensi-potensi bencana alam yang mungkin terjadi. “Terutama gundulnya hutan di wilayah kita. Di daerah Sulawesi Tengah kita ketahui bersama pada umumnya daerah tambang, sehingga potensi bencana alam cukup besar,” imbuhnya.

Diketahui, aksi tanam pohon juga dilakukan secara nasional di masing-masing wilayah. Selain aksi tanam pohon, Korem 132/Tadulako juga merangkaikan kegiatan perkemahan tersebut dengan membagikan 150 paket sembako kepada warga masyarakat, serta pemeriksaan kesehatan gratis di aula sekitar lokasi perkemahan.(SCW)

Pos terkait