Sehari, Dua Kali Gempa Guncang Tojo Unauna

  • Whatsapp
Peta lokasi gempa bumi di kabupaten Tojo Unauna.(ist)

TOUNA-Gempa berkekuatan besar mengguncang Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, Senin (26/7/2021) malam. Belum diketahui adanya korban jiwa dan kerusakan dalam gempa berkekuatan 6,5  skala richter tersebut. Namun gempa membuat ratusan warga panik dan berlarian mencari tempat yang aman.

Suasana panik melanda warga Kota Ampana setelah terjadi gempa bumi berkekuatan 6,5 skala richter, sekitar pukul 20.09 waktu Indonesia tengah. Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyebutkan kalau gempa berkedalaman sepuluh kilometer ini berpusat di laut sekitar 59 kilometer dari arah timur laut Kabupaten Tojo Unauna. Gempa kuat juga terasa hingga di Kabupaten Poso dan Kota Palu

Ratusan warga panik dan berlarian mencari tempat perlindungan. Suasana pun berubah mencekam ketika aliran listrik terputus sehingga menjadi gelap gulita. Sebagian warga khawatir akan terjadinya tsunami seperti halnya yang melanda Kota Palu, 28 September 2018 silam. Tidak hanya itu,mereka juga khawatir meletusnya kembali Gunung Colo di Pulau Una Una seperti pernah terjadi tahun 1980 silam.

Hingga berita ini diturunkan,ratusan warga masih memilih bertahan di luar rumah dan masih takut kembali ke rumahnya.Mereka khawatir terjadinya gempa susulan yang lebih dahsyat lagi. Senin menjelang siang,gempa bumi juga terjadi di Kota Ampana dan membuat puluhan pegawai negeri yang sedang berada dalam kantor berhamburan keluar ruangan. Mereka panik dan takut bangunan kantor rubuh diguncang gempa.(sam)

Pos terkait