Terima Kunjungan Dubes Maroko, Berikut Penjelasan Gubernur Sulteng

  • Whatsapp
Gubernur H. Rusdy Mastura menerima kunjungan Duta Besar Maroko untuk Indonesia Ouadia Benabdellah beserta rombongan dalam rangka peningkatan kerjasama dengan Provinsi Sulawesi Tengah, bertempat di Gedung Pogombo pada Kamis 31 Agustus 2023.(ist)

PALU-Gubernur H. Rusdy Mastura menerima kunjungan Duta Besar Maroko untuk Indonesia Ouadia Benabdellah beserta rombongan dalam rangka peningkatan kerjasama dengan Provinsi Sulawesi Tengah, bertempat di Gedung Pogombo pada Kamis 31 Agustus 2023.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan Provinsi Sulawesi Tengah memiliki situs megalith yang telah berusia 3000 tahun atau sebelum masehi, sama halnya keberadaan Firaun pada zaman Mesir kuno.

Menurut Gubernur, Provinsi Sulawesi Tengah terletak di bagian tengah pulau Sulawesi dengan luas wilayah sebesar 61.841 29 km². provinsi terletak diantara pegunungan yang dan laut yang memancarkan keindahan yang memikat hati dengan beragam suku bangsa dan tradisi.

Pada triwulan satu tahun 2023 Sulawesi Tengah mencatat realisasi sebesar Rp. 29 82 triliun. Realisasi investasi ini berasal dari penanaman modal asing sebesar Rp. 28,84 triliun atau 96,71% dan penanaman modal dalam negeri Rp. 0,98 triliyun sekitar 3,29%.

Salah satu yang menjadi andalan sektor industri, khususnya industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya yang menyumbang nilai investasi terbesar diyakini sekitar Rp. 23,26 triliun atau 80,65% di dominasi oleh kegiatan pengolahan nikel  di Kabupaten Morowali dan Morowali Utara yang merupakan kawasan industri terpadu dengan fasilitas smelter, pelabuhan, pembangkit listrik dan infrastruktur pendukung lainnya.

Di sektor pertanian dan perkebunan Sulawesi Tengah memiliki lahan yang subur dan iklim yang mendukung untuk pengembangan komuditas utama seperti kelapa sawit, kakao, kopi, karet dan  buah-buahan tropis.

Sektor lain yang tidak kalah potensial adalah sektor pariwisata. Sulawesi Tengah memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa keberadaan status situs budaya batu megalitik, danau poso, taman nasional, lore lindu, pulau togean, pulau Banggai dan sebagainya.

“Oleh karena itu saya mengajak kepada saudara Duta Besar Maroko kiranya dapat memanfaatkan peluang investasi Sulawesi Tengah, mari kita jadikan Sulawesi Tengah sebagai tempat nyaman, maju dan sejahtera bagi kita semua. Karena investasi yang besar dan beragam di berbagai sektor usaha tidak hanya memberikan keuntungan bagi para investor, akan tetapi dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Tengah,” sebut gubernur.

Dalam Kunjungan Duta Besar Maroko, Quadia Benabdellah beserta rombongan, pemerintah provinsi Sulawesi Tengah melalui OPD terkait sekaligus memaparkan beberapa komoditi unggulan di Sulawesi Tengah, misalnya Kepala Dinas ESDM Ir. Abdul Rachmansyah Ismail M. Agr. MP memprosentasikan peluang investasi disektor energi, mineral dan logam, Kepala Dinas Pariwisata Dra. Diah Agustiningsih, M.Pd memprosentasikan keindahan alam, status situs budaya serta Perwakilan Bandara Mutiara dan Perusda.(sam)

Pos terkait