Upacara HUT Kemerdekaan RI , Hadianto: Titik Awal Bekerja Semakin Baik

  • Whatsapp
Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Pemerintah Kota Palu menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih, Kamis (17/8/2023) pagi.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Pemerintah Kota Palu menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih, Kamis (17/8/2023) pagi. Upacara yang digelar di halaman Kantor Wali Kota Palu tersebut dengan khidmat diikuti seluruh unsur Forkopimda jajaran Pemerintah Kota Palu.

Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, menyebut momentum Kemerdekaan RI ke-78 hari ini harus menjadi modal spirit bagi anak-anak bangsa dalam melanjutkan perjuangan bangsa Indonesia. “Hari Kemerdekan merupakan momentum yang harus selalu dijadikan sebagai titik awal kembali bagi kita untuk bekerja semakin baik, semakin menyamakan dan menyatukan persepsi, serta semakin menguatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan,” ujarnya dikonfirmasi.

Pilihan Redaksi :  LKP Aqvir Latih 20 Peserta Didik Keterampilan Tata Busana

Sebagai Kepala Daerah, orang nomor satu di Kota Palu tersebut menyebut dengan semangat itu dapat menjadi penguat dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa. “Dengan semua itu, akan membangun persatuan dan kesatuan daerah, persatuan dan kesatuan bangsa, yang pada akhirnya akan mengantarkan kerja-kerja yang kolaboratif,” imbuhnya.

Sebelumnya, upacara diawali dengan kirab bendera dari berbagai etnis dan suku yang mendiami lembah Palu. Pasukan kirab dari Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) tersebut menggunakan pakaian adat berbagai suku, yang menggambarkan semangat Kemerdekaan.

Diiringi oleh pasukan Marching Band dari SMP 2 Palu, pasukan pengawal bendera pusaka Detasemen Polisi Militer TNI, tim penggerak PKK kota Palu, dan para purna paskibraka Kota Palu, pasukan kirab berjalan mulai dari rumah jabatan Wali Kota Palu menuju Jalan M. Yamin, hingga ke Halaman Kantor Wali Kota Palu.

Pilihan Redaksi :  PBSI Dukung Atlet PWI Sulteng Berlaga di Porwanas

Selain itu, ada pula penampilan lagu Nasional dan lagu bertemakan cinta budaya yang dibawakan oleh penyanyi Aura Latisha Aquina, yang merupakan siswi kelas 5 SDN Model Terpadu Madani Palu. Diketahui Aura merupakan siswi dengan bakat vokalnya dan pernah menjuarai berbagai perlombaan vokal di tingkat Kota Palu.

Upacara pengibaran bendera tersebut dipimpin oleh Komandan Upacara Kapten Armed Ludfi Rachmad. Sementara pengibar bendera pusaka merupakan pasukan terpilih di bawah bimbingan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu. Pasalnya, paskibraka kota Palu tahun 2023 tersebut merupakan percontohan nasional menjadi satu-satunya paskibraka tingkat Kabupaten/Kota di Indonesia yang mengenakan PIN Lemhanas RI.(SCW)

Pos terkait