Sekolah Pasca Bencana Balaroa Dibangun, Target Rampung April 2024

  • Whatsapp
Pembangunan sekolah pasca bencana ditandai dengan prosesi Ground Breaking atau peletakan batu pertama bersama Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, pada Jumat, (11/8/2023) pagi.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU –  Sekolah pasca bencana di Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu mulai dibangun Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Tengah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pembangunan sekolah tersebut ditandai dengan prosesi Ground Breaking atau peletakan batu pertama bersama Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, pada Jumat, (11/8/2023) pagi.

Nantinya, di Kelurahan Balaroa tersebut akan dibangun 2 (dua) sekolah yakni SD Negeri Balaroa dan SD Inpres Balaroa. Pengadaan sekolah pasca bencana tersebut merupakan salah satu proyek rehab rekon penanganan bencana prasarana sekolah Provinsi Sulawesi Tengah paket 3 (tiga).

Ditangani oleh Kontraktor PT. Andica Parsaktian Abadi (APA), pembangunan kedua sekolah ini ditarget rampung pada bulan April 2024 mendatang. Sedianya, Kasi Wilayah 1 BPPW PUPR Sulteng, Aksa, mengatakan proses pengadaan sekolah pasca bencana tersebut memerlukan proses yang cukup panjang sehingga terbilang cukup mengalami keterlambatan. “Ini kan keluhan dari masyarakat kenapa sekolah belum dibangun karena ini terdampak bencana atau likuifaksi, karena itu tadi prosesnya panjang, pertama kita butuh lahan, arah kawasan, kemudian izin-izin dan persetujuan bangunan gedung. Ini yang harus kita lengkapi terlebih dahulu,” akunya kepada media ini dikonfirmasi.

Diketahui, penanganan bencana prasarana sekolah tersebut diperuntukan ke 10 (sepuluh) lokasi. Termasuk 2 (dua) sekolah di Kelurahan Balaroa Kota Palu. Sementara lainnya diantaranya SD Inpres Perumnas, SD N Inpres Kecil Salena, SD N Binanga, SD N Petapa, SD N 10 Labuan, SMP N 2 Labuan, SD N 7 Sindue Tobata, dan SD N.

Untuk dana anggaran, Penanganan proyek rehab rekon bencana prasarana sekolah provinsi Sulawesi Tengah paket 3 tersebut senilai total Rp. 34,2 Miliar, yang berasal dari APBN Tahun Anggaran 2023.(SCW)

Pos terkait