Raih 49 Medali, Kota Palu Juara Umum POPDA Tahun 2023

  • Whatsapp
Kontingen Kota Palu kembali menorehkan sejarahnya dan menjuarai ajang olahraga Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Kontingen Kota Palu kembali menorehkan sejarahnya dan menjuarai ajang olahraga Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023. Kota Palu berhasil menduduki posisi diurutan pertama. Ajang POPDA tahun ini digelar di kabupaten Parigi Moutong, dimana Kota Palu berhasil menyabet sebanyak 49 medali yang terdiri dari 27 emas, 13 perak, dan 9 perunggu.

Selain Kota Palu yang menduduki urutan pertama, Kabupaten Donggala berhasil menduduki urutan kedua dengan total raihan sebanyak 28 medali. Dan menyusul posisi ketiga yakni tuan rumah alias Kabupaten Parigi Moutong dengan total raihan 21 medali.

Kesebelas kalinya, Kota Palu kembali berhasil menyabet juara umum pada POPDA tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di tahun 2023. “Alhamdulillah Kota Palu juara umum,” sebut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palu, Mohammad Akhir Armansyah, Minggu (16/7/2023) pagi.

Pilihan Redaksi :  PBSI Dukung Atlet PWI Sulteng Berlaga di Porwanas

Diketahui, perhelatan POPDA yang digelar sejak 13 sampai dengan 15 Juli 2023 tersebut memperlombakan 4 (empat) Cabang Olahraga (Cabor), diantaranya Cabor Atletik 14 kelas, Karate 13 kelas, Taekwondo 22 kelas, dan Panahan sebanyak 6 kelas.

Atas raihannya itu, Wali Kota Palu menjanjikan bakal memberikan bonus penghargaan kepada 55 atlet kontingen asal Kota Palu. “Saya harap tak sampai disini saja, tapi jadi pemacu untuk terus berprestasi bukan hanya di tingkat Provinsi tapi harus bisa ke skala event yang lebih besar,” harap H. Hadianto Rasyid, saat menerima Kontingen Atlet POPDA Sulteng Asal Palu bertempat di halaman Kantor Wali Kota Palu, Minggu (16/7/2023) pagi.

Pengalaman itu, lanjutnya, diharapkan dapat menjadi persiapan demi menumbuhkan bibit-bibit atlet yang hebat. “Apa yang kita berikan ke daerah kita ini bisa menjadi catatan manis perjalanan prestasi, perjuangan, dan pengorbanan kita,” imbuhnya.

Pilihan Redaksi :  LKP Aqvir Latih 20 Peserta Didik Keterampilan Tata Busana

Sementara itu, Meilani (18 tahun) salat satu atlet Cabor Atletik yang berhasil meraih 3 (tiga) medali sekaligus berbagi pengalamannya, bagaimana dirinya berjuang memperoleh juara dengan persaingan yang cukup berat. “Persaingannya cukup berat juga, tentu mereka disana juga kan sudah berlatih,” akunya terpisah.

Telah menekuni dunia atletik selama kurang lebih tiga tahun, Meilani masih terus berjuang hingga dapat mengikuti kejuaraan yang lebih besar sesuai cita-cita nya. “Harapannya kedepannya mungkin bisa menjadi atlet yang hebat, bisa ikut kejuaraan yang lebih tinggi, macam POPNAS, pokoknya harapannya yang terbaiklah kedepannya,” pungkasnya.(SCW)

Pos terkait