Optimalkan Satkamling, Polresta Palu Luncurkan  312 Polisi RW

  • Whatsapp
Guna meningkatkan keamanan lingkungan, Kota Palu telah memiliki sebanyak 312 Polisi RW yang baru saja diluncurkan Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palu, Rabu (21/6/2023) pagi.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Guna meningkatkan keamanan lingkungan, Kota Palu telah memiliki sebanyak 312 Polisi RW yang baru saja diluncurkan Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palu, Rabu (21/6/2023) pagi. Sebagai upaya mempercepat revitalisasi Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling),  Polresta Palu juga mengaktifkan kembali dan mengoptimalisasikan satkamling yang ada di setiap wilayah yang ada di Kota Palu. Untuk diketahui, baru sebanyak 30 persen dari total 253 satkamling yang dinyatakan aktif di Kota Palu saat ini.

Hal itu dilaporkan Kapolresta Palu, Komisaris Besar Pol Barliansyah, saat membacakan sambutan dalam apel bersama Kepala Satkamling, di Mako Polresta Palu, Rabu (21/6/2023) pagi. “Berdasarkan data dari 253 satkamling yang ada di Kota Palu, baru sebanyak 30 persennya saja yang aktif,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Satkamling sendiri merupakan salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri, dan juga telah diatur dalam Pasal 3 ayat (1) huruf C UU No.2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh Kepolisian khusus dan bentuk-bentuk penanganan swakarsa lainnya.

Orang nomor satu di Kapolresta Palu itu menekankan agar kiranya satkamling yang ada dapat diaktifkan dan dioptimalkan kembali. “Mengajak seluruh para camat, Lurah, RT, RW,  untuk diaktifkan kembali satkamling yang ada di wilayah kita masing-masing,” tekannya.

Ia juga menghimbau kiranya penanganan keamanan dan ketertiban lingkungan dapat dilakukan oleh seluruh pihak baik pemerintahan, stakeholder terkait maupun masyarakat. (SCW)

Pos terkait