Jelang Idul Adha Harga Bahan Pokok Masih Stabil, Berikut Datanya

  • Whatsapp
Menjelang lebaran idul adha, harga sejumlah kebutuhan pokok masih stabil (syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Menjelang Idul Adha 1444 H, kerap kali bahan pokok menjadi perebutan oleh masyarakat demi memenuhi kebutuhan akan hari raya. Pasalnya, harga bahan pokok untuk Kota Palu saat ini masih stabil tanpa ada kenaikan-kenaikan yang signifikan.

Hal itu diyakinkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palu, Zulkifli, saat dikonfirmasi media ini, Selasa (20/6/2023) siang. “Pengawasan kami Minggu kemarin dengan pihak polres, Kejari kota Palu, dan beberapa teman-teman TPID bahwa menjelang Idul Adha ini harga-harga di pasar itu masih dalam keadaan stabil, ada berapa kenaikan-kenaikan kalau permintaan tinggi, namun kami temukan di lapangan belum ada kenaikan yang signifikan,” jelasnya.

Pilihan Redaksi :  Rifki dan Wahono Resmi Nakhodai PFI Palu Periode 2024-2027

Ia mengaku pihaknya bersama opd terkait selalu melakukan pemantauan-pemantauan harga bahan pokok setiap minggu di pasar-pasar. “Dinas ini (Disperindag, red) bersama opd-opd terkait selalu melakukan pemantauan-pemantauan harga setiap minggu di pasar,” akunya.

Untuk diketahui, adapun harga bahan pokok berdasarkan pemantauan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu diantaranya harga rata-rata eceran bahan kebutuhan pokok yang tercatat stabil seerti beras medium Rp12 ribu per kilogram, beras premium Rp14 ribu per kilogram dan gula pasir Rp15 ribu per kilogram.

Kemudian minyak goreng curah Rp16 ribu per liter, MinyaKita Rp17 ribu per liter, daging ayam ras Rp32 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp32 ribu per kilogram, cabe merah keriting Rp30 ribu per kilogram, cabe rawit merah Rp35 ribu per kilogram, cabe rawit hijau Rp40 ribu per kilogram, kacang kedelai Rp8 ribu per kilogram.

Pilihan Redaksi :  Rifki dan Wahono Resmi Nakhodai PFI Palu Periode 2024-2027

Sementara komoditas kebutuhan pokok yang harganya terpantau turun dibandingkan bulan lalu yaitu minyak goreng kemasan premium dari Rp22 ribu per liter menjadi Rp20ribu per liter, telur ayam kampung dari Rp56ribu per kilogram menjadi Rp48 ribu per kilogram, bawang putih dari Rp45 ribu per kilogram menjadi Rp40 ribu per kilogram.

Sementara itu komoditas yang harganya mengalami sedikit kenaikan dibandingkan bulan lalu yaitu tepung terigu dari Rp14 ribu per kilogram menjadi Rp15 ribu per kilogram, daging sapi dari Rp125 ribu per kilo menjadi Rp130 ribu per kilogram, cabe merah keriting dari Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp40 ribu per kilogram, bawang merah dari Rp40 ribu per kilogram menjadi Rp45 ribu per kilogram.(SCW)

Pos terkait