270 Atlet Taekwondo se-Sulawesi Berlaga di  UIN CUP III 2023

  • Whatsapp
Sebanyak 270 atlet Taekwondo se-Sulawesi ikut berlaga dalam ajang UIN CUP III 2023 di Gedung Olahraga Madani Palu, Sulawesi Tengah.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Sebanyak 270 atlet Taekwondo se-Sulawesi ikut berlaga dalam ajang UIN CUP III 2023 di Gedung Olahraga Madani Palu, Sulawesi Tengah selama 3 (tiga) hari terhitung (2-3 Juni 2023). UIN CUP 2023 ini sendiri digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Muhibbul Riyadhah Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu.

Dengan skill ketangkasan beladiri yang dimilikinya, atlet-atlet terbaik Taekwondo ini bakal saling beradu taktik menyerang dan bertahan dari serangan lawan. Hal itu menjadi penentu perolehan poin yang menjadi penilaian dalam kompetisi ini. Perhelatan tersebut pun tampak berlangsung cukup seru dan menegangkan.

Ratusan penonton hingga bersorak mendukung dan memberi semangat jagoannya hingga bisa menjatuhkan lawan. Pasalnya, para atlit akan diperhadapkan dengan lawan yang sepadan sesuai dengan kelasnya.  Adapun kelasnya diantaranya mulai dari kategori Kyoguri, Poomsae, Senior, maupun Junior.

Untuk diketahui, ratusan atlet taekwondo tersebut berasal dari berbagai daerah, mulai dari Kota Palu sendiri, Kabupaten Buol, Toli-toli, Parimo, Poso, dan bahkan terdapat pula tim asal Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Kesemuanya itu terhimpun dalam club masing-masing Pengkab TI Minahasa Tenggara, Taekwondo Dragon Club (TDC), Lee Byeong Jae (LBJ), Taekwondo Sulu Family (TSF), Kyorugi Taekwondo Club (KTC), Taekwondo Man Club (TMC), Taekwondo Family (T-Fly), dan Madika Taekwondo Club (MTC).

Selanjutnya ada pula Swadaya Taekwondo Fighter (STF) Sulteng, Teratai Taekwondo Fighter Club (TTFC) Brimob, Rey Taekwondo Club (RTC), Taekwondo Mokodongan Toli-toli (TMT), Taekwondo Alfaqih Academy (TAA), Wariorss Taekwondo Club (WTC), Dam’s Taekwondo Fighter (DTF), Taekwondo Salara Club (TSC), Tentena Taekwondo Club (TTC), The Kickers Of Tomoni Raya (TKTR), Muhibbul Riyadha Taekwondo Club (MRTC), dan Untad Taekwondo Club (UTC).

Ajang UIN CUP III 2023 ini di gadang-gadang dapat menjadi media untuk membentuk para atlet terbaik demi mempersiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) di 2024 mendatang. Hal tersebut dikatakan Ketua Panitia UIN CUP III 2023, Syauqi, kepada media ini, Sabtu (3/6/2023) pagi. “Bisa membentuk atlet-atlet yang akan dipersiapkan untuk PON 2024 nantinya,” sebutnya.

Sebagai inisiator, UKM Muhibbul Riyadhah memang sedianya menggelar kompetisi olahraga serupa tiap tahunnya dan bergilir dari setiap cabang olahraga (Cabor) yang ada. Lebih lanjut, demi memeriahkan ajang ini, panitia menyiapkan Piala Juara Umum, Perak, Medali, Perunggu, dan Piagam untuk para atlet yang berhasil meraih juara nantinya.

Salah satu atlet Taekwondo asal Sulawesi Utara, Joel (18),  mengatakan, motivasinya mengikuti ajang tersebut sebagai penambah prestasi dan pengembangan bakat. Menanggapi event tersebut, ia pun mengaku puas terlebih jika di dorong untuk dikembangkan lebih lanjut. “Sebagai tambah-tambah prestasi. Ini bagus kalau mau dilanjutkan, mantap,” ungkapnya.(SCW)

Pos terkait