Dosen Unisa Latih Warga Kasimbar Olah Hasil Perikanan

  • Whatsapp
Puluhan kaum ibu dari Desa Kasimbar, Kecamatan Kasimbar mengikuti pelatihan pengolahan hasil perikanan, Sabtu (3/7/2021).(ist)

PARIMO- Wabah virus corona ini memberi dampak signifikan bagi perekonomian masyarakat, termasuk di wilayah pesisir kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Untuk itulah sejumlah dosen Universitas Alkhairaat Palu melakukan pengabdian pada masyarakat dengan memberikan pelatihan pengolahan hasil perikanan. Pelatihan ini melibatkan puluhan kaum perempuan di Desa Kasimbar, Kecamatan Kasimbar,Sabtu (3/7/2021).

Sebanyak 28 peserta  dari Desa Kasimbar ini dilatih mengolah hasil perikanan menjadi lebih bernilai ekonomis. Antara lain pembuatan bakso ikan, sambal ikan asin dan ota-ota ikan. Sebelumnya para peserta mendapatkan materi dari instruktur yang terdiri dari tiga dosen Universitas Alkhairaat Palu masing-masing Dr Ahsan Marjudo, M.Si, Asrawaty P,S.Pt, MP dan Mawar,S.Pi, M.P.

Koordinator kegiatan Dr Ahsan Marjudo M.Si kepada media ini mengatakan tujuan pelatihan tersebut adalah untuk penguatan ekonomi rumah tangga masyarakat pesisir sekaligus peningkatan pendapatan. Terlebih di masa pandemic ini, lanjut Ahsan, sangat berdampak terhadap pendapatan masyarakat termasuk di Desa Kasimbar. ‘’Jadi kita melakukan pelatihan ini untuk membantu meningkatkan pendapatan masyarakat di desa ini,’’tandasnya.

Dekan Fakultas Perikanan Unisa Palu ini menyebutkan melalui pelatihan yang umumnya melibatkan kaum ibu ini diharapkan bisa membuat bakso ikan, sambal ikan asin serta ota-ota ikan. Bahan baku produk tersebut tidaklah susah karena Desa Kasimbar berada di wilayah pesisir pantai.

Ditambahkan, pelatihan yang diberikan kepada masyarakat Desa Kasimbar ini sebagai bagian dari pengabdian yang merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi. Ia berharap ilmu yang diberikan kepada masyarakat tersebut bisa bermanfaat dan membantu dalam peningkatan perekonomiannya.Pelatihan yang berlangsung selama sehari ini juga melibatkan sejumlah mahasiswa dari Universitas Alkhairaat Palu.(sam)

Pos terkait