Kembangkan SDM Bertalenta Digital, 90 Alumni Vokasi Ikuti Sertifikasi VSGA di Palu

  • Whatsapp
Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado, hari ini Selasa (9/5/2023) membuka pelatihan Vacation School Graduate Academy (VSGA) di Palu, Selasa (9/5/2023) pagi.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado, hari ini Selasa (9/5/2023) membuka pelatihan Vacation School Graduate Academy (VSGA) di Kota Palu, tepatnya di SMK Negeri 3 Palu.

Sedikitnya 90 (sembilan puluh) peserta angkatan kerja muda yang lulusan program vokasi atau kejuruan baik SMK, D1, dan D3 jurusan Science, Technology, Engineering, dan Math (STEM) asal Kota Palu dan sekitarnya mengikuti pelatihan dan pengembangan VSGA tersebut sekiranya selama 5 (lima) hari hingga Sabtu, 13 Mei 2023 mendatang.

Para peserta VSGA dimaksud nantinya akan mengikuti pelatihan dan pengembangan dan seleksi untuk lulus dan mendapatkan sertifikat pelatihan. VSGA tersebut  dengan 3 (tiga) skema diantaranya skema Junior Network Administrator, Junior Web Developer, dan Operator Komputer Madya, yang mana dipandu langsung oleh 8 (delapan) tim pengajar Digital Entrepreneurship Academy Kota Palu.

Pilihan Redaksi :  Esok, 968 Petugas Pantarlih Se-Kota Palu Dilantik

Pasalnya, VSGA tersebut digelar guna meningkatkan kompetensi masyarakat Indonesia di bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK), yang selaras dengan cita-cita Pemerintah Republik Indonesia untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertalenta digital sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Mewakili Plt. Kepala BPSDMP Kominfo Manado, Ketua Tim BPSDMP Kota Palu, Qurata Ayuni, mengatakan, berdasarkan data Bank Dunia menyebutkan bahwa Indonesia kini tengah mengalami kesenjangan talenta digital, kata dia, dari itu perlu adanya percepatan pengembangan SDM. “Indonesia tengah mengalami kesenjangan talenta digital, dimana membutuhkan sembilan juta talenta dalam 15 tahun atau rata-rata 600 ribu talenta digital per tahunnya,” sebutnya dalam laporan panitia saat pembukaan VSGA bertempat di Aula SMKN 3 Palu, Selasa (9/5/2023) pagi.

Pilihan Redaksi :  Prodi Sarjana Poltekkes Kemenkes Palu Komitmen Ciptakan Bidan Berkualitas  

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, dalam sambutannya mengatakan, adanya pelatihan tersebut dapat menjadi penguatan kapasitas dan peluang kerja bagi para tenaga kerja muda. “Ini (pelatihan VSGA, red), memberikan penguatan kapasitas dan peluang dalam bersaing memperoleh pekerjaan,” tuturnya saat sekaligus membuka kegiatan.

Lanjutnya, ia pun berharap, agar kiranya dengan kegiatan pelatihan tersebut mampu mendongkrak percepatan transformasi digital di Indonesia khususnya di Kota Palu. “Mudah-mudahan dapat mempercepat transformasi digital di Indonesia, Khususnya di Kota Palu yang memiliki daya saing SDM di bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi,” harapnya.

Menurutnya, TIK merupakan salah satu bidang yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, kata dia, maka pelatihan tersebut perlu dimassifkan agar dapat dikuasai dengan maksimal. “Apalagi kita tahu bidang ini adalah bidang yang sangat dibutuhkan, TIK merupakan suatu hal yang harus bisa kita kuasai,” tandasnya.

Pilihan Redaksi :  Prodi Sarjana Poltekkes Kemenkes Palu Komitmen Ciptakan Bidan Berkualitas  

Salah satu peserta, Arief Rahman, mengatakan, menurutnya, adanya kegiatan pelatihan dan pengembangan VSGA tersebut dapat menjadi penambah portofolio untuk melamar kerja nantinya. “kegiatan ini mungkin tambah-tambah bisa menjadi portofolio nya kita nanti,” ujarnya kepada media ini.(SCW)

Pos terkait