Pemkot Palu Salurkan 157 Paket Bantuan Makanan Tambahan Balita dan Bumil

  • Whatsapp
Pemerintah Kota Palu menyalurkan bantuan berupa makanan tambahan kepada Balita dan ibu hamil (bumil).(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Sebagai upaya mencegah risiko stunting, Pemerintah Kota Palu kali ini menyalurkan bantuan berupa makanan tambahan kepada Balita dan ibu hamil (bumil). Melalui bantuan makanan tambahan tersebut diharapkan dapat menjadi upaya  pemenuhan asupan gizi yang maksimal.

Sebanyak 157 paket bantuan makanan tambahan digelontorkan untuk warga Kecamatan Palu Timur di seluruh Kelurahan yang sesuai dengan kategori usia. Adapun pada tahap awal ini, 75 paket bantuan makanan tambahan tersebut sekiranya telah diberikan langsung kepada warga, dan sisanya akan disalurkan secara bertahap. Adapun bantuan makanan tambahan tersebut terdiri dari susu formula, susu ibu hamil, kacang ijo, gula merah, kacang tanah, telur dan biskuit bayi.

Untuk diketahui, berdasarkan data e-PPGM per Agustus 2022 yang diperoleh Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BP2KB), untuk Kecamatan Palu Timur, Kelurahan Besusu Barat meraih posisi tertinggi stunting bertengger di angka 55 data stunting, kemudian menyusul kedua Lolu Selatan 29, dan yang ketiga yakni Kelurahan Besusu Tengah dengan 17 data stunting.

Sementara itu, 2 (dua) kelurahan lainnya yakni masing-masing Besusu Timur 14 , dan Lolu Utara 10. Adapun penilaian akan kembali dilakukan per 6 (enam) bulan sekali .

Camat Palu Timur, Rusdin, mengatakan, program bantuan tersebut barulah tahap pertama dan nantinya akan berlanjut setiap 6 (enam) bulan sekali. “Pertama (tahap), ada lanjutan. Jadi bilamana data itu sudah melampaui 6 bulan tentunya akan kita berikan kembali,” bebernya kepada Media ini saat ditemui di ruang kerjanya Jumat (5/5/2023) pagi.

Lanjutnya, selain program bantuan, ia mengatakan pihaknya kini tengah gencar kerjasama melakukan sosialisasi kepada orang tua dan bumil per Kelurahan yang ada melalui BP2KB wilayah Palu Timur. “Ada, kalau sosialisasi ada, kader (BP2KB) yang sosialisasi ke para ibu-ibu di masing-masing Kelurahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, mengharapkan, agar kiranya adanya bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. “Bantuan yang diterima hari ini tolong diterima dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” harapnya saat memberi sambutan pada penyerahan bantuan makanan tambahan, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Palu Timur, Jumat (5/5/2023) pagi.(SCW)

Pos terkait