Pimpin Upacara Hardiknas, Wali Kota Palu Sampaikan Pidato Mendikbudristek RI

  • Whatsapp
Pemerintah Kota Palu menggelar upacara hardiknas yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, bertempat di halaman Kantor Wali Kota Palu, Selasa (2/5/2023) pagi.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Memperingati hari pendidikan nasional tahun 2023, Pemerintah Kota Palu menggelar upacara bersama yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, bertempat di halaman Kantor Wali Kota Palu, Selasa (2/5/2023) pagi.

Berlangsung dengan tertib, upacara bersama tersebut diikuti oleh seluruh unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Palu. Pada momentum itu, selaku inspektur upacara, Wali Kota Palu turut membacakan pidato tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI dengan beberapa informasi pentingnya.

Dalam tiga tahun belakangan ini, sektor pendidikan di Indonesia tengah mengalami perubahan yang terbilang cukup besar. Sehingga dengan itu dapat mendekatkan kepada cita-cita luhur sang bapak pendidikan Ki Hajar Dewantara yakni pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik dalam mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia.

Pilihan Redaksi :  Rico Harapkan Sinergitas DPRD Palu dengan DPRD Sulteng

Hal itu dimulai sejak hadirnya kurikulum merdeka, seperti misalnya adanya data asesmen nasional dalam platform rapor pendidikan tentu menjadikan para kepala sekolah serta kepala daerah kini dapat dengan mudah memonitor kualitas pendidikan anak didiknya serta melakukan perbaikan-perbaikan kualitas pelayanan yang ada.

Adanya konsep tersebut, kini menekankan kepada para pelajar untuk mampu lebih aktif berinovasi demi mengembangkan kompetensi dirinya. Selain itu, kini para guru tak lagi terikat dengan peraturan yang kaku, justru kini para guru diperlombakan dengan pro aktifnya dalam berbagi dan berkarya.

Menurut Wali Kota Palu, momentum hari pendidikan nasional kali ini merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali tantangan yang telah dilakukan, kata dia, dengan itu dapat menjadi penggerak untuk memastikan keberlangsungan program tersebut. “Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan, guna memastikan keberlanjutan gerakan merdeka belajar,” tuturnya.

Pilihan Redaksi :  Rico Harapkan Sinergitas DPRD Palu dengan DPRD Sulteng

Ia mengajak semua pihak untuk dapat menjadi semangat motivasi, menurutnya, itu dapat menjadi lompatan masa depan Indonesia dengan pendidikan yang memerdekakan. “Mari semarakan hari ini dengan penuh semangat, mendidik generasi pelajar yang cerdas berkarakter, sehingga mampu membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,”  lanjutnya.(SCW)

Pos terkait