Berdayakan Tenaga Kerja Lokal, Pemkot Palu Buka Pelatihan Kompetensi dan Bersertifikat Gratis

  • Whatsapp
Pemerintah Kota Palu membuka pelatihan kompetensi dan bersertifikat bagi warga Kota Palu secara gratis.(ist)

PALU – Untuk membuka peluang tenaga kerja lokal atas banyaknya persaingan di sektor industri maupun serupa lainnya, Pemerintah Kota Palu membuka pelatihan kompetensi dan bersertifikat bagi warga Kota Palu secara gratis.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Palu, Setyo Susanto, mengatakan, hal itu dilakukan guna memanfaatkan peluang yang ada bagi para tenaga kerja lokal, kata dia, sangat disayangkan jika peluang kerja yang ada terpaksa harus terlepas karena syarat standar kompetensi yang masih banyak masyarakat belum memilikinya. “Banyak peluang yang terlepas karena ada syarat standar kompetensi,” tuturnya kepada media ini saat dikonfirmasi, Minggu (30/4/2023) pagi.

Menurutnya, praktiknya sebagian besar perusahaan kini telah menjadikan sertifikat standar kompetensi sebagai sebuah syarat, selain itu, sertifikat bakal menjadi penopang jabatan yang menjanjikan hingga upah yang lebih tinggi. “Karena sekarang kan cari kerja sertifikat standar kompetensi diperlukan, dan upah juga lebih tinggi kalau ada itu (sertifikat standar kompetensi, red),” ungkapnya.

Ia juga meyakinkan, kesempatan yang diberikan dalam pelatihan kompetensi dan bersertifikat oleh Pemkot Palu haruslah dimanfaatkan, menurutnya, hingga kini tenaga kerja di bidang-bidang tersebut masihlah banyak dibutuhkan. “Seperti excavator banyak sekali dibutuhkan, misalnya di Galian C saja itu kan masih banyak dibutuhkan, terus di tambang Morowali juga,” ujarnya.

Lebih lanjut, sebagai tahap awal ini, pelatihan tersebut akan dijadikan sebagai evaluasi, kata dia, kuota yang ada kemudian akan bisa ditambahkan apabila minat dari warga cukup banyak. “Kita mau jadi evaluasi, kalau minatnya banyak barangkali bisa di tambah kuota,” bebernya.

Adapun pelatihan kompetensi dan bersertifikat tersebut diantaranya teknik las dengan 16 kuota terseleksi, operator alat berat excavator dengan 5 kuota terseleksi, dan manufaktur mesin bubut 6 kuota terseleksi. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 28 April sampai dengan 5 Mei 2023, bagi yang berminat bisa langsung mendaftarkannya di Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja, Jl. Bantilan, No. 26, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.

Sementara itu, syarat dan ketentuannya diantaranya yaitu Warga Kota Palu, berusia maksimal 40 tahun, memiliki ijasah minimal SMA/sederajat, tidak sedang menempuh pendidikan, bebas dari NARKOBA, mengisi form pendaftaran, memiliki BPJS Ketenagakerjaan, serta bersedia mengikuti pelatihan sampai akhir.

Sedangkan kelengkapan berkas, bagi warga yang ingin mendaftar harus melengkapi kartu AK1 yang diuruskan di Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Palu, fotocopi ijasah terakhir 2 lembar, fotocopy KTP 4 lembar, menyetorkan pas foto berjas hitam dan dasi hitam berlatar merah ukuran 2×3 2 lembar, dan 3×4 4 lembar, serta menghimpun berkasnya dalam map snelhecter berwarna biru.

Sebagai informai, untuk teknik las waktu pelatihan akan dimulai pada 20 Mei sampai dengan 19 Juli 2023 bertempat di Kota Palu. Sedangkan pelatihan manufaktur dan operator alat berat excavator akan berlangsung pada 8 Mei sampai dengan 7 Juli 2023 di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Samarinda, Kalimantan Timur.(SCW)

Pos terkait