Dishub Sulteng Siapkan 300 Kursi Mudik Gratis, Berikut Syaratnya

  • Whatsapp
Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah menyediakan sebanyak 300 (tiga ratus) kursi mudik lebaran gratis kepada warga Sulawesi Tengah.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah menyediakan sebanyak 300 kursi mudik gratis kepada warga Sulawesi Tengah. Kuota mudik lebaran gratis ini diprioritaskan kepada para mahasiswa dan masyarakat ekonomi lemah.

Sebanyak 22 unit armada angkutan umum akan dilepas dan diberangkatkan pada tanggal 17 April 2023 pagi dengan rute start di depan Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Jalan Samratulangi, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu. Adapun tujuan ke delapan jurusan antara lain Kabupaten Poso, Touna, Luwuk, Morowali, Morowali Utara, Toli-toli, dan Buol.

Pendaftaran mudik gratis ini telah dibuka sejak 7 April 2023 kemarin, sampai dengan tanggal 15 April 2023 mendatang. Masyarakat Sulteng yang ingin mudik cukup mendaftar dengan KTP untuk mendapatkan tiket di Kantor Dinas Perhubungan Sulawesi Tengah, Jalan R.A Kartini Nomor 35, Kota Palu.

Pilihan Redaksi :  KPU Palu Buka Posko Layanan Pindah Memilih di Lima Perguruan Tinggi

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Sulteng Sumarno saat ditemui MediaSulawesi.id di ruang kerjanya Senin (10/4/2023) pagi mengatakan, sebagai persiapan sebelum keberangkatan pihaknya akan melakukan Ram chek kondisi kendaraan terlebih dahulu. Kata dia, jika diketemukan kendaraan yang tak siap mendarat, akan dibatalkan keberangkatannya. “Kita Ram chek dulu kendaraannya, sehat atau tidak, kalau misalnya bannya botak itu tidak kita berangkatkan, harus di ganti,” bebernya.

Menurutnya, dengan itu dapat mencegah dari terjadinya insiden kecelakaan, ia pun berharap melalui mudik gratis tersebut dapat menjadi contoh bagi pengusaha angkutan umum lainnya terkait kesehatan maupun kelengkapan kendaraan. “Harapannya mudik aman berkesan, tidak ada insiden kecelakaan, karena kita berusaha menekan serendah mungkin angka kecelakaan, melalui mudik gratis sebagai contoh bagi pengusaha angkutan lainnya, bahwa kendaraan harus sehat, lengkap dari keselamatannya, kemudian pengawakannya, fisik light jalannya,” pungkasnya.

Pilihan Redaksi :  KPU Palu Buka Posko Layanan Pindah Memilih di Lima Perguruan Tinggi

Sementara itu, terkait arus mudik lebaran Idul Fitri 2024 mendatang, ia meyakinkan selama tidak adanya penutupan jalan maka tidak ada kemacetan untuk arus lalu lintas darat.(SCW)

Pos terkait