Kemenag Palu Tetapkan Besaran Zakat Fitrah,Berikut Rinciannya

  • Whatsapp
Kepala Kementerian Agama (Kakemenag) Kota Palu Nasrudin L. Midu.(ist)

PALU – Kementerian Agama Kota Palu telah menetapkan besaran Zakat Fitrah tahun 1444 H/2023 M. Penetapan tersebut sebagai bentuk menindaklanjuti surat dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah pada tanggal 24 Maret 2023 lalu, tentang Himbauan Menunaikan Zakat Fitrah tahun 1444 H/2023 M.

Berdasarkan hasil pertimbangan dari pemantauan harga bahan makanan pokok (beras) oleh tim kemenag kota Palu, adapun besaran Zakat Fitrah yang ditetapkan pada tahun ini yaitu beras 2,5Kg atau 3,5L (per jiwa), atau jika diuangkan maka bernilai Rp.32.500,- (per jiwa).

Sedangkan untuk membayarnya, masyarakat kota Palu dapat menyetor terhitung mulai tanggal 1 Ramadhan 1444 H/2023 M, kepada Baznas/LAZ/UPZ lembaga pemerintah maupun swasta, dan atau UPZ yang ada pada masjid di lingkungan sekitar.

Pilihan Redaksi :  Warga Besusu Gelar Pesta Rakyat Posalia Pandapa

Kepala Kementerian Agama (Kakemenag) Kota Palu Nasrudin L. Midu saat dikonfirmasi wartawan MediaSulawesi.id, Jumat (31/3/2023) pagi menghimbau, agar kiranya bagi umat Islam masyarakat kota Palu dapat menyetorkan zakatnya sedini mungkin, menurutnya, hal itu dimaksudkan untuk mempermudah para petugas Amil zakat dalam membagikannya kepada yang berhak. “Menyerahkan Zakat Fitrahnya lebih cepat lebih bagus, jangan nanti menunggu malam lebaran, agar tidak membuat para petugas Amil dalam membagikan Zakat Fitrah ke yang berhak menerima tidak kesulitan,” harapnya.

Lanjutnya, bagi masyarakat yang ingin menyalurkan infak, sedekah, dan Zakat mal diluar zakat fitrah, ia menghimbau untuk dapat menyerahkannya kepada Baznas Kota Palu sebagai lembaga Pemerintah, menurutnya, ia meyakinkan bahwa pihak Baznas Kota Palu akan menyerahkannya kepada yang berhak sesuai tuntutan agama. “Insya Allah Baznas Kota Palu akan menyerahkan zakat kita ke orang-orang yang berhak menerima yang sesuai dengan petunjuk al Quran,” tambahnya.

Pilihan Redaksi :  Posalia Kampung Lere Resmi Digelar

Selain itu, sebagai Kemenag Kota Palu, ia menghimbau kepada seluruh warga umat Islam khususnya di Kota Palu, untuk dapat memanfaatkan bulan Ramadhan ini sebagai moment menggapai rahmat dan maghfirah-Nya, memperbaiki diri, sehingga berharap Kota Palu dapat menjadi kota yang selalu diberikan keberkahan oleh Allah SWT. Menurutnya, hal itu bisa diharapkan dengan memanfaatkan kesempatan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. “Semua ini bisa kita harapkan bilamana kita memanfaatkan ramadhan dengan sebaik-baiknya, kemudian ditutup dengan pengeluaran Zakat Fitrah agar ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT,” pungkasnya.(SCW)

Pos terkait