Pemkot dan BPIP RI Tandatangani Nota Kesepahamaan PIP

  • Whatsapp
Wakil Wali Kota Palu, Reny A. Lamadjido membuka secara langsung kegiatan Akseptasi Indeks Aktualisasi Nilai Pancasila ke Pemerintah Daerah, bertempat di salah satu hotel kota Palu, pada Kamis, (2/3/2023) pagi.(syahrul/mediasulawesi.id)

PALU – Wakil Wali Kota Palu, Reny A. Lamadjido membuka secara langsung kegiatan Akseptasi Indeks Aktualisasi Nilai Pancasila ke Pemerintah Daerah, bertempat di salah satu hotel kota Palu, pada Kamis, (2/3/2023) pagi. Indeks Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila (IAP) dimaksudkan untuk memperoleh gambaran-gambaran secara komprehensif tentang nilai-nilai pancasila, yang dilihat dari realisasi serta persepsi yang dibuat dalam bentuk indeks.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Palu membeberkan bahwasanya sejak 2021, Pemerintah Kota Palu bersama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI telah menandatangani nota kesepahaman tentang pembinaan ideologi Pancasila di Kota Palu. “Suatu kesyukuran bagi kita, tahun 2021 yang lalu, Pemerintah Kota Palu bersama BPIP RI telah menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pembinaan Ideologi Pancasila di Kota Palu,” beber Wakil Wali Kota Palu.

Pilihan Redaksi :  PBSI Dukung Atlet PWI Sulteng Berlaga di Porwanas

Adapun isi dari pembinaan ideologi Pancasila tersebut tertuang didalamnya penggalian mutiara Pancasila pada kearifan lokal, pembumian nilai-nilai Pancasila untuk ASN, pembelajaran non formal untuk organisasi kemasyarakatan, forum dan lembaga kemasyarakatan, organisasi sosial politik, serta komponen-komponen masyarakat lainnya.

Lanjutnya, menurutnya, dewasa ini Pancasila hanya menjadi sebatas wacana-teoretis yang masih kurang tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu ia berpesan agar kiranya nilai-nilai dalam setiap sila Pancasila perlu menjadi rujukan untuk diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Nilai-nilai Pancasila yang tercermin dalam setiap sila semestinya menjadi rujukan bersama bangsa Indonesia untuk diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Dalam pantauan MediaSulawesi.id, kegiatan pembinaan tersebut berlangsung seksama, dan diikuti oleh sejumlah perwakilan dari tiap-tiap OPD jajaran Pemerintah Kota Palu, dimana akan digelar selama 2 hari terhitung sejak 3 sampai 4 Maret 2022.(SCW)

Pos terkait