Pemprov Sulteng Siap Turunkan Angka Stunting Lewat Program Bangga Kencana

  • Whatsapp
Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. H.M. Faisal Mang, MM mewakili Gubernur Sulteng Rusdy Mastura pada pembukaan Rapat Kerja Daerah Program Bangga Kencana Tahun 2023 di hotel Santika, Rabu (15/2).(humaspemprovsulteng)

PALU-Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. H.M. Faisal Mang, MM meminta pengelola program Bangga Kencana menjadikan mars KB sebagai motivasi dalam upaya menurunkan prevalensi stunting.“Putra-putri yang sehat, cerdas dan kuat kan menjadi harapan bangsa, semoga bait ini jadi motivasi kita menekan stunting,” ujarnya mewakili Gubernur Sulteng Rusdy Mastura pada pembukaan Rapat Kerja Daerah Program Bangga Kencana Tahun 2023 di hotel Santika, Rabu (15/2).

Meski data hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022 menunjukkan prevalensi Sulteng menurun tapi sayangnya belum drastis karena hanya 1,5% atau dari 29,70% ke 28,20%.“Program kita selalu dipinggir-pinggir jadi belum kena sasaran ibarat panahan kalau kena di tengah (maka) skornya paling tinggi,” simpulnya mengapa capaian belum maksimal.

Selain menyorot stunting, kasus-kasus perkawinan anak yang masih tinggi lanjut asisten juga mesti ditekan serendah mungkin. Karena dari data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2018 terdapat 32% perkawinan di bawah usia 18 tahun, atau banyak pengantin usia anak.“Hal ini akan berdampak tidak saja pada faktor Kesehatan tapi juga ke faktor pendidikan, sosial dan sebagainya. Terlebih lagi jadi faktor penyumbang stunting,” Ia menegaskan korelasi perkawinan anak dengan stunting.

Senada dengan asisten, Kepala BKKBN RI lewat Deputi KB dan Kesehatan Reproduksi Eni Gustina meminta ASN di Sulteng dapat berperan serta menekan stunting diantaranya dengan menjadi bapak/bunda asuh stunting.Pendekatan ini katanya ialah best practice yang dilakukan Pemda Provinsi Jawa Barat dalam menekan stunting dengan mengedepankan gotong royong.“Mudah-mudahan tahun 2023 (stunting) bisa turun lebih banyak lagi, ”harapnya untuk keberhasilan Sulteng menekan stunting.

Pada kesempatan itu Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng Tenny C. Soriton, S.Sos, MM melakukan penandatanganan MoU dengan mitra kerja dalam rangka implementasi program-program Bangga Kencana tahun 2023.(sam)

Pos terkait