Dua Pelajar Pasangkayu Juara Internasional Kembali Ke Tanah Air

  • Whatsapp
Dua pelajar asal Pasangkayu Sulawesi Barat, yakni Fauzah Musfirah Musawir dan Putri Lutfiah Rizal Tasilang, sudah tiba di Palu dan segera pulang ke Pasangkayu.(ist)

PASANGKAYU – Dua pelajar asal Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat, yakni Fauzah Musfirah Musawir dan Putri Lutfiah Rizal Tasilang sudah tiba di Kota Palu, Sulawesi Tengah . Kedua siswi penghafal Qur’an di MTs Terpadu An Nur Buuts Kota Palu ini sukses meraih prestasi gemilang membawa nama Indonesia di ajang Thailand Inventors Day (TID), Minggu (6/2/2022) lalu.

Fauzah Musfirah Musawir dan Putri Lutfiah Rizal Tasilang, mampu menyabet medali emas di acara besar tahunan yang diselenggarakan oleh National Research and Council of Thailand (NRCT). Kompetisi yang berlangsung di Bangkok Internasional Trade And Exhibition Center ( BITEC) itu, diikuti sekitar 700 peserta lomba dari 147 negara.

Orang tua Putri Lutfiah, yakni Rizal Tasilang, menginformasikan bahwa anaknya bersama Fauzah, sudah berada di Palu setelah kembali dari Bangkok Thailand.”Sekarang masih di Palu, kemungkinan besok (Jumat) pulang ke Pasangkayu,” katanya dihubungi via telepon, Kamis (9/2/2023).

Disampaikan, beberapa jam setelah tiba di Palu, Putri dan Fauzah langsung ke sekolahnya di MTs Terpadu  An Nur Buuts Kota Palu terletak di Kabonen Kota Palu.”Tadi sempat diwawancarai teman media, mungkin anak-anak istirahat dulu. Kemudian pulang ke Pasangkayu,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, dua pelajar asal Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat sukses mengharumkan nama Indonesia di ajang Thailand Inventors Day (TID) Minggu (6/2/2022). Dia adalah Fauzah Musfirah Musawir dan Putri Lutfiah Rizal Tasilang, yang sukses meraih medali emas di acara besar tahunan yang diselenggarakan oleh National Research and Council of Thailand (NRCT).

Fauzah dan Putri Lutfiah bersama Titi Mutiah Imamah mewakili sekolahnya MTs Terpadu An Nur Buuts Kota Palu Sulteng. Kompetisi yang berlangsung di Bangkok Internasional Trade And Exhibition Center ( BITEC) itu, diikuti sekitar 700 peserta lomba dari 147 negara. Dengan prestasi itu, ketiganya membuat terharu karena mengibarkan bendera merah-putih atas pencapaiannya itu.

Atas prestasi terbaik dan berhak menyabet medali emas di ajang tersebut, diyakini menjadi  Hak ciptanya, sebagai kekayaan intelektual mereka.Orang tua Fauzah, yakni Musawir Azis Isham SH MH, mengucap syukur atas keberhasilan anaknya tersebut bersama kedua rekannya.Dikatakan, berdasarkan informasi dari anaknya dari Bangkok Thailand bahwa sebelum dinyatakan meraih medali emas ia sempat ikut prestasi penjurian.

Ada sekitar 20 peserta di dunia yang mendapat kesempatan tampil untuk prestasi itu.”Alhamdulillah, kita orang tua tentu bangga dengan kebarhasilan anak-anak kita ini. Apa lagi, bukan hanya membawa Pasangkayu tapi nama Indonesia,” ucap mantan Anggota DPRD Pasangkayu empat periode ini, di temu dikediamannya di Pasangkayu Sulbar, Selasa (7/2/2023).

Ucapan terima kasih pula disampaikan Musawir, kepada seluruh dewan guru MTs Terpadu An Nur Buuts Kota Palu, yang dengan sabar mendidik putrinya bersama kedua rekannya.”Tentu ini, juga berkat doa dan dukungannya semua pihak sehingga anak-anak kita dengan sungguh-sungguh mengikutinevent ini,” ucapnya.

Diketahui, Fauzah Titi Mutiah dan Putri Lutfiah, mengangkat riset penelitian dengan menemukan lumut sebagai bahan peredam suara dan dapat menghasilkan oksigen pada ruangan.

Ketua DPRD Pasangkayu, Hj Alwiaty SH, juga menyampaikan ucapan selamat atas prestasi kedua Srikandi Pasangkayu Sulbar itu. “Alhamdulillah suatu kebanggaan buat kita semua ,putri Pasangkayu anak dari bapak Musawir Aziz isham ,mengharumkan nama Indonesia terkhusus daerah kita 2 putri remaja usia 12 tahun sdh membawa nama Indonesia dikancah internasional dalam ilmu penelitian mereka ,sungguh hal yg luar biasa 👍🏻👍🏻semangat nak jalan panjang menantimu lebih tekun lagi insyaallah keberhasilan besar menantimu,” tulis Alwiaty, diakun media sosial pribadinya.(EGI)

Pos terkait