KPU Palu Lantik 138 Anggota PPS Pemilu 2024

  • Whatsapp
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu melantik 138 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 46 kelurahan yang ada di Kota Palu, Selasa, (24/1/2023) pagi(syamsuddin/mediasulawesi.id)

PALU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu melantik 138 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 46 kelurahan yang ada di Kota Palu, Selasa, (24/1/2023) pagi. Pelantikan dipimpin langsung Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid. Turut hadir pejabat forkopimda, komisioner KPU Palu lainnya, perwakilan bawaslu, camat dan lurah se-Kota Palu.

Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid kepada wartawan usai pelantikan mengatakan pengambilan sumpah janji untuk Pemilu 2024 sudah sesuai kebutuhan. Agus meminta kepada seluruh PPS untuk segera  berkoordinasi dengan lurah masing-masing terkait  pembentukan sekretariat. “Alhamadulillah target sudah terpenuhi. Pelantikan ini serentak di seluruh indonesia. Makanya kami melaksanakan di 24 Januari 2023,” terangnya.

Djelaskan bahwa  pemilu 2024 berbeda dengan pemilu 2019 lalu. Makanya, PPS harus mempersiapkan diri. Sebagai langkah awal,  harus segera  persiapkan  sekretariat. Sesuai dengan PKPU nomor 8 tahun 2022 disebutkan bahwa setelah pengambilan sumpah janji, anggota PPS sudah dapat bekerja. Diawali dengan orientasi tugas, dimana KPU akan memberikan pembekalan terkait tugas apa saja yang harus dilakukan oleh PPS.“Berhadapan dengan Pemilu 2024, sangatlah kompleks permasalahannya, sehingga harus dibekali dengan pemahaman aturan dan kode etik,” tandasnya.

Agussalim menambahkan terkait dengan uraian tugas sesuai yang tercantum dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017 dan PKPU nomor 8 tahun 2022 terkait dengan tata kerja di badan Adhoc, yang paling urgen adalah membentuk Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih), Daftar Pemilih Sementara (DPS), dan menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat terkait dengan DPS tersebut.

Terkait jumlah Pantarlih sendiri, disebutkan berdasarkan jumlah TPS yang ada di kelurahan masing-masing. Tugas perekturan ini merupakan kewenangan  PPS. PPS akan mengumumkan perektutan tersebut tanggal 27 Januari 2023.“Untuk persiapan rektutmen itu tugas PPS. Begitupun bimbingan teknik dilakukan oleh PPS. Olehnya Kami KPU akan  memaksimalkan waktu untuk memberikan pembekalan sebagai dasar PPS, yang nantinya digunakan menyampaikan ke Pantarlih,” pungkasnya.(sam).

Pos terkait